Kamis, 6 Juni 2013 –
KANWIL TEGASKAN KEWAIBAN PENYAMPAIAN LAPORAN KEUANGAN

Sofifi,(Info-humas), Bertempat di Safirna Transito Hotel Kota Baru Ternate, telah di laksanakan Kegiatan Sosialisasi Revisi dan Percepatan Penyerapan Anggaran dilingkungan Kantor Wilayah Kementerian Agama Propinsi Maluku Utara Tahun 2013 dilaksanakan selama 2 hari pada tanggal 03 s/d 05 Juni 2013 yang diselenggarakan oleh Subbag Perencanaan dan Keuangan kementerian Agama Prov.Malut. Panitia Pelaksana Kegiatan Munir SE dalam sambutannya mengatakan Peserta pada kegiatan ini secara keseluruhan terdiri dari 60 orang peserta, dengan rincian alokasi per satuan kerja dilingkungan Kanwil Kementerian Agama Provinsi Maluku Utara yang terdiri dari :

Kanwil Kemenag Maluku Utara 3 OrangKantor Kemenag Kab/Kota 8 OrangMadrasah Aliyah Negeri 9 OrangMadrasah Tsanawiyah Negeri 17 orangMadrasah Ibtidaiyah Negeri 23 orang

Ketua panitian lebih lanjut menambahkan lagi Revisi Anggaran pada umumnya dilakukan Karena Pertama; Tenggat waktu antara proses perencanaan anggaran dan pelaksanaan anggaran cukup lama yaitu sekitar 1 (satu) tahun sehingga sangat dimungkinkan perencanaan yang disusun belum mencakup seluruh kebutuhan untuk tahun yang direncanakan. Kedua; Dalam periode pelaksanaan anggaran sangat dimungkinkan terjadi perubahan keadaan atau perubahan prioritas yang tidak diantisipasi pada saat proses perencanaan. Ketiga; Adanya perubahan metodologi pelaksanaan kegiatan, contoh : semula direncanakan secara swakelola menjadi kontraktual, dari single year menjadi multi years. Dan Keempat; Adanya perubahan atau penetapan kebijakan Pemerintah dalam tahun anggaran berjalan, contoh : penghematan anggaran, penerapan reward and punishment, atau APBN Perubahan tuturnya.

Kegiatan Sosialisasi Revisi dan Percepatan Penyerapan Anggaran ini dibuka oleh kepala Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku Utara Drs. H.M. Tahir Abdullah Dalam sambutannya Kakanwil mengatakan ada beberapa hal penting yang mendasar yaitu :

Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun Anggaran 2013 yang ditetapkan dalam Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2012 dilaksanakan mengacu pada ketentuan-ketentuan yang terdapat dalam Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara dengan berpedoman pada Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Tahun 2013 dengan pola penerapan penganggaran berbasis Kinerja, yang menitik beratkan kesesuaian antara input, output, dan outcome dalam pelaksanaan kegiatan dengan visi dan misi kementerian negara/lembaga. Diperlukan fleksibilitas dalam pelaksanaan APBN guna mengakomodir kebutuhan percepatan pencapaian kinerja pemerintah termasuk dalam hal mengoptimalkan penggunaan anggaran belanja

Pelaksanaan revisi anggaran adalah kebijakan yang harus diambil dalam rangka antisipasi terhadap perubahan kondisi dan kebutuhan prioritas , efisiensi dan efektifitas pelaksanaan anggaran belanja pemerintah pusat serta untuk mempercepat pencapaian kinerja Kementerian Negara/Lembaga, termasuk satuan kerja Pemerintah Pusat didaerah.

Terkait percepatan penyerapan anggaran, saudara-saudara agar tetap memperhatikan ketentuan/aturan perundang-undangan yang berlaku dalam melakukan proses realisasi anggaran, hindari terjadinya kesalahan dan/atau mispersepsi dengan bersikap proaktif untuk mengkonsultasikannya dengan unit penanggung jawab program diatasnya mulai dari Madrasah, Kankemenag, Kanwil, dan eselon-I pusat, termasuk dengan mitra kerja KPPN dan Kanwil DJPBN. Usai kakanwil

Kakanwil juga menegaskan kepada 60 peserta kegiatan, kewajiban untuk menyampaikan laporan agar tetap menjadi prioritas saudara dalam pelaksanaan anggaran dan kegiatan. Beberapa sistem pelaporan baik internal kementerian melalui Elektronik Monitoring Pelaksanaan Anggaran (e-MPA) maupun sistem pelaporan Pemerintah Pusat semisal Sistem Akuntansi Instansi (SAI) dari Kementerian Keuangan dan Laporan Evaluasi dan Pengendalian Pelaksanaan Program dari Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional agar diperhatikan dengan cermat format dan periodikal pelaporannya.

Mengakhiri sambutan kakanwil meminta kepada peserta kegiatan agar mengikuti kegiatan ini hingga usai dan apa yang di dapatkan kita bersama pada kegatan ini dapat memawa manfaat dan bekal di saat kita kembali ke instansi masing-masing ujar Kakanwil. (Ir)

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.012018 detik
Diakses dari alamat : 103.7.12.72
Jumlah pengunjung: 107635
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.