Apel Pagi Bersama ASN Morotai Kakanwil Ajak Gaungkan Terus Moderasi Beragama

Kakanwil mengajak kepada seluruh penyuluh, Kepala KUA, Kepala Madrasah beserta Guru untuk terus menggaungkan program moderasi beragama di masyarakat. Karena kita ingin membangun kehidupan beragama untuk mewujudkan indonesia yang damai dan rukun. 

Ajakan ini disampaikan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku Utara, H. Sarbin Sehe saat memberikan arahan pada Apel Pagi di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Morotai, yang di hadiri oleh seluruh Kepala KUA se Kabupaten Morotai, Kepala Madrasah, Penyuluh, serta para Guru. Kamis, (10/6/2021). 

Kakanwil mengatakan bahwa agama tidak perlu dimoderasi, karena agama sendiri telah mengajarkan bagaimana bersikap moderasi. Yang perlu dimoderasi menurut Kakanwil adalah cara penganut agama dalam menjalankan, memahami dan menghayati agamanya agar tidak ekstrim. 

Kakanwil menyampaikan prioritas kementerian agama diantaranya adalah moderasi beragama, transformasi digital, revitalisasi KUA, cyber Islamic University, kemandirian pesantren, serta religiosity index. 

Sebagaimana amanat Menteri Agama, bahwa seluruh jajaran harus mendukung program penguatan moderasi beragama dan percepatan transformasi layanan publik melalui tata kelola pemerintahan yang bersih melayani dilingkungan Kementerian Agama. 

Pada kesempatan tersebut Kakanwil juga menyampaikan alasan terkait pembatalan penyelenggaraan haji tahun 2021, 
"alasan utama adalah faktor kesehatan, keselamatan jemaah haji yang terancam akibat pandemi Covid-19 yang melanda dunia", tutur Kakanwil. 

Ditambahkan, pemerintah arab saudi sampai saat ini belum mengeluarkan kebijakan terkait pelaksanaan ibadah haji bagi para jemaah di seluruh dunia, termasuk Indonesia. 

Terakhir, kepada para jamaah, Kakanwil mengharapkan agar bersabar dan menerima keputusan pemerintah RI atas pembatalan Haji Tahun 2021 ini. 

"Ini keputusan terbaik dari pemerintah indonesia", tutup kakanwil. 

Turut mendampingi kepala seksi kurikulum sarana kelembagaan dan kesiswaan madrasah Kanwil Kemenag Malut Abdurahman Muhammad Ali, Kepala Sub. Bagian Kepegawaian Kanwil Kemenag Malut Samsuddin Fatahuddin, beserta beberapa staf Kanwil Kemenag Malut.

Baca Juga