Bahas Juknis Peribadatan Idul Adha 1442 H Kota Tikep, Kakanwil Ajak Sholat Ied di Rumah

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Maluku Utara (Kakanwil Kemenag Malut), H. Sarbin Sehe ikut menghadiri pertemuan bersama Walikota Tidore Kepulauan, Kapt. H. Ali Ibrahim, Forum Koordinasi Kepala Daerah (Forkopimda), para Camat, Lurah, Tokoh Agama, Organisasi Keagamaan dan beberapa Imam Masjid di Tidore Kepulauan. 

Pertemuan yang diselenggarakan di Aula Nuku pada hari minggu (18/07/2021) merupakan tindaklanjut atas silaturahmi antara Kakanwil dan Walikota Tidore Kepulauan dalam rangka penerapan edaran menteri agama nomor 15, 16, 17. 

Pada kesempatan itu Kakanwil menyampaikan kepada hadirin, terutama pada tokoh agama dan para imam untuk tidak lagi memperdebatkan pembatasan pelaksanaan ibadah di rumah ibadah dengan pasar yang tidak ditutup meski sama-sama menimbulkan kerumuman dan berpotensi menularkan virus Covid-19. 

Kakanwil mengatakan, pembatasan pelaksanaan ibadah di rumah ibadah seperti di masjid dilakukan karena fungsi masjid dapat dilakukan dirumah, sebaliknya fungsi pasar tidak dapat dipindahkan kerumah. 

"Untuk itu berhentilah diperdepatkan, tugas kita adalah memberikan sosialisasi yang  baik kepada masyarakat agar masyarakat dapat memahami dan menerima serta mematuhi setiap istruksi  pemerinta", ujar Kakanwil. 

Kakanwil juga menghimabau kepada masyarakat Tidore Kepulauan melalui takhmir masjid agar menganjurkan masyarakat atau jamaahnya melaksanakan shalat Idul Adha dari rumah. 

Kakanwil mengatakan, sesuai edaran menteri agama, Idul Adha 1442 H kali ini dilaksanakan dalam suasana pandemi Covid-19 sehingga takbir keliling ditiadakan dan pelaksanaan shalat Idul Adha dilaksanakan dirumah. 

Meski di Maluku Utara disepakati pelaksnaan ibadah Idul Adha dapat dilakukan di masjid namun tetap dikurangi jumlah jamaah yang tidak lebih dari 50% kapasitas masjid dan tetap menaati protokol kesehatan seperti jaga jarak dan menggunakan masker. 

"Jangan kita ragu-ragu merayakan hari raya dari rumah, beribdah dari rumah seperti takbir dari rumah, shalat Idul Adha di rumah, ingat bahaya Covid terus mwngintai kita untuk itu mari saling menyelamatkan dengan cara menjaga jarak, hindari kerumunan, memakai masker dan protokol keaehatan lainya," Kata Kakanwil. 

Kakanwil juga mengajak kepada hadirin untuk terus bersama-sama menghadapi dan saling membantu memutuskan matarantai Covid-19 dengan cara melaksanakan abjuran pemerintah. 

"Selamat merayakan Idul Adha 1442 H dari rumah, Minal Aidin Wal Faizin, Mohon Maaf Lahir dan Batin," tutup Kakanwil.

Baca Juga