Beri Pembinaan ASN, Sekjen Sampaikan 7 Program Strategis Kemenag

Bertempat di Aula Asrama Transit Haji, Ngade Kota Ternate, Rabu (16/06/2021) Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Agama RI, H. Nizar Ali memberikan materi pada Kegiatan Pembinaan ASN di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku Utara.

Di depan ratusan ASN Kemenag Malut, Sekjen Nizar Ali menyampaikan tujuh program Kementerian Agama diantaranya adalah penguatan moderasi beragama, transformasi digital, revitalisasi KUA, cyber Islamic university, kemandirian pesantren, dan religiosity index. 

Memulai arahan sekaligus materi pada pembinaan tersebut, Sekjen menjelaskan tentang  moderasi beragama, dimana hal tersebut merupakan kebijakan utama di Kementerian Agama. Meningkatkan toleransi sesama umat beragama  yaitu sikap menghormati perbedaan dan memberi ruang orang lain untuk berkeyakinan. 

"Agar menjadikan masyarakat yang shaleh dan moderat serta cerdas dan unggul untuk mewujudkan indonesia yang maju dan berdaulat. 

Terkait, transformasi digital dan revitalisasi KUA, Nizar menyampaikan bahwa kedepan nanti semua layanan berbasis digital termasuk setelah proses ijab kabul ditandatangani oleh saksi, penghulu, serta pengantin, tidak hanya mendapatkan buku nikah tetapi langsung mendapatkan kartu nikah. 

Selanjutnya kemandirian pesantren, menurut Nizar, bantuan operasional pesantren tidak akan diberikan uang kes, tetapi diberikan sebuah usaha yang dapat menjadikan sebuah pesantren menjadi mandiri. Dan dalam waktu beberapa tahun kedepan bisa meningkatkan ekonomi pesantren itu sendiri. 

Religiosity index, menurut Nizar ini sebagai deteksi dini potensi keresahan ditengah masyarakat. Untuk itu perlu diadakan dialog lintas agama untuk meningkatkan hubungan baik antar umat beragama melalui diskusi dan kolaborasi. 

Terakhir adalah tahun toleransi.
"Nanti di tahun 2022 akan ada tahun toleransi", tutup Nizar mengakhiri arahannya.

Baca Juga