Bersama Seluruh Jajarannya, Kakanwil Laksanakan Hening Cipta Untuk Pandemi

Bertempat di kediamannya Jl. Kemakmuran Kelurahan Tuguaji Kota Tidore Kepulauan, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku Utara, H. Sarbin Sehe, pada hari Sabtu (10/07/2021) tepat jam 12.07 WIT, melaksanakan Hening Cipta secara serentak di seluruh penjuru negeri, memanjatkan doa kebaikan untuk korban meninggal akibat pandemi, serta mengharap Sang Penguasa Kehidupan Allah SWT memberi kekuatan dan ketabahan kepada bangsa dan negara Indonesia dalam menghadapi pandemi saat ini.

Selain Kakanwil hening cipta selama tiga menit tersebut juga diikuti seluruh jajaran Kementerian Agama Provinsi Maluku Utara seperti Pejabat Eselon III dan IV Kanwil Kemenag Malut, Kepala Kantor Kemenag Kab/Kota beserta jajarannya, Civitas Madrasah baik Kepala, Guru, Tenaga Kependidikan dan Siswa-siswi Madrasah, Penyuluh Agama, Civitas Pondok Pesantren dan seluruh Keluarga Besar ASN Kementerian Agama Provinsi Maluku Utara.

Usai mengheningkan cipta, kepada Humas Kakanwil menuturkan bahwa usaha dan ikhtiar secara fisik bahkan hadirnya kekuatan negara dalam hal ini pemerintah atas usaha penanganan covid-19 ternyata belum cukup, seraya menambahkan bahwa  doa yang kita panjatkan bersama melalui hening cipta  adalah tingkat ikhtiar tertinggi kita kepada Allah SWT terkait Pandemi Covid-19 saat ini, dimana dengan harapan kepada Sang Khalik kita memohon ampun dan diberiNya kekuatan kepada bangsa dan negara dalam menghadapi pandemi, serta semoga pandemi segera berakhir.

"Selain itu dalam hening cipta  kita serahkan diri kita kepada Pencipta seluruh kehidupan Allah SWT dan memohon kepada korban mendapatkan tempat yang layak di sisi_Nya", tambah H. Sarbin.

Kakanwil melanjutkan bahwa saat ini seluruh masyarakat khususnya di Maluku Utara merasakan sedih yang mendalam akibat  wabah ini, oleh sebab itu beliau mengharapkan agar seluruh umat beragama lebih mendekatkan diri, memohon ampun kepada Tuhan YME dan diberi jalan keluar terbaik atas musibah saat ini.

Pada kesempatan itu Kakanwil juga menyampaikan harapannya kepada seluruh ASN Kementerian Agama Provinsi Maluku Utara beserta seluruh keluarganya untuk tidak menjadikan hening cipta sebagai doa terakhir, namun justru menjadikannya sebagai awal dan terus berdoa serta menyerahkan dan mendekatkan diri kepada Allah Tuhan YME terus menerus di hari-hari berikutnya.

Terakhir H. Sarbin mengingatkan bahwa mengiringi setiap kesusahan dan kesulitan pasti ada kemudahan seperti firman Allah pada QS Al Insyirah : 5 dan 6, dimana kita khususnya umat muslim harus yakin bahwa di balik pandemi ini pasti ada kemudahan-kemudahan yang diberikan oleh Allah Rabbul Izzati kepada hamba-hambanya yang selalu sabar dan bertaqwa.

Perlu diketahui kegiatan Hening Cipta hari ini adalah sebuah gerakan moral yang diinisiasi oleh Menteri Agama RI Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas (Gus Yaqut), dilaksanakan serempak secara nasional dengan harapan dapat menumbuhkan kekuatan solidaritas bersama untuk bersinergi dan gotong royong dalam menghadapi pandemi.

Baca Juga