Bertemu Menag RI – Kakanwil Dampingi Gubernur Laporkan Kesiapan STQ Nasional 2021

Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) Tingkat Nasional Tahun 2021 akan segera digelar, tepatnya pada tanggal 14 sd 23 Otober 2021 nanti. Persiapan pun telah dilaksanakan jauh hari oleh Pemerintah Daerah Provinsi Maluku Utara maupun Instansi terkait di provinsi ke 32 di Indonesia tersebut.

Terkait hal itu, pada hari Selasa (14/09/2021) Gubernur Maluku Utara KH. Abdul Ghani Kasuba bersama rombongan menemui Menteri Agama RI H. Yaqut Cholil Qoumas untuk melaporkan perkembangan terkini kesiapan penyelenggaraan STQ Nasional ke XXVI di Bumi Moluko Kie Raha.

Mendampingi Gubernur dalam rombongan tersebut antara lain, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku Utara, H. Sarbin Sehe, Ketua LPTQ sekaligus Sekda Maluku Utara, H. Syamsuddin Abdul Kadir, serta Ketua Panitia Daerah STQ Nasional Maluku Utara, H. Salmin Djanidi.

Dikonfirmasi melalui sambungan seluler, Kakanwil Kemenag Malut H. Sarbin membenarkan pertemuan tersebut serta menjelaskan bahwa silaturrahim dengan Gus Menteri difasilitasi oleh Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam di Kantor Kemenag RI Jakarta.

Lebih lanjut Kakanwil menjelaskan dalam pertemuan tersebut Gubernur dan rombongan melaporkan kesiapan penyelenggaraan STQ Nasional Provinsi Maluku Utara dengan berbagai indikator penilaian, diantaranya persiapan infrasturktur dan teknis-teknis penyelenggaraan yang lain. Adapun kesiapan penyelenggaraan kurang lebih telah mencapai 95% secara keseluruhan.

Menurut H. Sarbin laporan tersebut dipresentasikan di hadapan Gus Menag dan jajarannya diantaranya Dirjen Bimas Islam, H. Kamaruddin Amin dan Direktur Penerangan Islam serta pejabat lainnya, untuk dijadikan evaluasi pra pelaksanaan STQ Nasional ke XXVI. 

Terakhir Kakanwil menjelaskan bahwa atas laporan yang disampaikan tersebut, Menag RI dan jajarannya menerima serta memberikan arahan-arahan solutif demi kelancaran proses pelaksanaan STQ pada saatnya nanti.

Baca Juga