Dialog Bersama Anggota DPD RI, Kakanwil Sampaikan Kesiapan Haji Malut 2021

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Maluku Utara, H. Sarbin Sehe menghadiri dialog yang diselenggarakan oleh  anggota senator Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI  Hj. Suriati Armayin, S.A.P yang bertempat di sekretariat perwakilan DPD RI Maluku Utara Kelurahan Akehuda, Kec. Kota Ternate Utara,  Kota Ternate  (03/05/21).

Dialog tersebut bertujuan menginventarisir, mengidentifikasi serta menganalisis permasalahan penyelenggaran haji di Maluku Utara, termasuk menggali informasi mengenai kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah daerah terkait penyelenggaraan haji di Malut.

Reses/dialog diawali dengan penyampaian isu yang berkembang terkait kepastian penyelenggaran haji. Isu itu diantaranya soal manasik haji di masa COVID-19, persiapan dokumen jamah calon haji, kepastian akomodasi jamaah haji di asrama haji,  dan beberapa kendala dalam persiapan haji di Maluku Utara.

Kakanwil dalam dialog menjelaskan, keberangkatan jamaah haji masih menunggu kepastian pemerintah pusat dalam hal ini Kemenag RI dan otoritas Arab Saudi, namun Kanwil Kemenag Malut terus melakukan persiapan.

"Belum ada kepastian soal keberangkatan sehingga saat ini, hingga dialog ini dilakukan, belum ada info yang jelas soal keberangkatan haji di tahun 2021," tutur Kakanwil.

Kakanwil menambahkan, saat ini banyak isu terkait dana haji yang digunakan oleh negara berkembang diluar, kami sampaikan informasi tersebut "sesat" dan tidak benar, Info seperti ini tidak mendasar , Kakanwil menambahkan, pengelolaan keuangan haji saat ini bukan lagi di kementerian Agama namun sudah berada pada badan khusus yaitu badan pengelola keuangan haji atau BPKH. 

Saat ini Kemenag terus menyiapkan kebutuhan jamaah haji termasuk dokumen dan syarat-syarat lain yang berkaitan dengan keberangkatan jamaah, persiapan terus dilakukan sambil menunggu putusan pemerintah pusat.

Sementara itu, Kakanwil menjelaskan manasik haji terus dilakukan sebagai bagian dari kesiapan jamaah haji, tentu saja. Manasik dilakukan dengan protap COVID-19 demi menjaga kesehatan jamaah.

"Kemenag juga sudah membuat skema haji, dan Kanwil Kemenag Malut terus menyiapkan segala kebutuhan baik dari sisi jamaah maupun kesiapan panitia, apapun skema yang ambil Kanwil Kemenag Malut akan siap untuk melaksanakannya," tutup Kakanwil.

Baca Juga