Diklat Simpeg V.05 - Seluruh ASN Kemenag Dapat Input Data Sendiri !

Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku Utara melalui Program Sekretariat pada Sub Bagian Kepegawaian dan Hukum melaksanakan kegiatan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Sistem Informasi Pegawai (Simpeg) versi 5.0 secara virtual daring. Simpeg V.05 merupakan penyempurnaan aplikasi sebelumnya, dimana aplikasi tersebut memuat data-data individu ASN Kemenag seluruh Indonesia.

Adapun penyempurnaan aplikasi Simpeg versi terbaru dari versi sebelumnya adalah adanya kemudahan akses seluruh ASN untuk mengisi data kepegawaian sendiri dimana saja dan kapan saja, terutama untuk perubahan-perubahan status seperti jenjang pendidikan, kepangkatan, serta data-data individu yang lain.

Cara mengakses Simpeg V.05 juga dibilang mudah, karena hanya melalui browser pada gadget yang dimiliki untuk membuka situs http://simpeg5.kemenag.go.id dengan user dan password yang akan diberikan Admin Simpeg kepada seluruh ASN Kemenag pada satkernya. Sedangkan data pada Simpeg terbaru ini telah menggunakan data base Simpeg sebelumnya, sehingga ASN hanya perlu menambah jika ada perubahan atau melengkapi data yang dibutuhkan seperti dokumen bukti dalam file JPG atau PDF.

Namun dalam validasi atau verifikasi keabsahan data yang telah dimasukkan, tetap menjadi tanggung jawab verifikator, dalam hal ini adalah Admin Simpeg, yang saat ini masih dibatasi di tingkat Kanwil. Dan dalam pengembangannya nanti, admin Simpeg V.05 akan sampai ke Satker Kab/Kota.

Diklat dilaksanakan pada hari Selasa (06/04/2021), dibuka oleh Kepala Bagian Tata Usaha, H. Amar Manaf serta diikuti oleh para admin Simpeg seluruh satuan kerja dibawah Kanwil Kemenag Malut meliputi Kantor Kemenag Kab/Kota dan Madrasah se Maluku Utara. Selain itu ada peserta di luar jajaran Kanwil yakni admin Simpeg IAIN Ternate. 

Sebagai pemateri utama, Sub Kepegawaian dan Hukum sebagai penginisiasi kegiatan, mendatangkan langsung dari Biro Kepegawaian Kementerian Agama RI, Danuri, S.Kom yang langsung mengajak peserta untuk mengakses aplikasi dan mencoba melakukan penginputan data dan dapat langsung mengkomunikasikan kepada pemateri jika ada kendala.

Sementara itu Kabag TU, H. Amar Manaf dalam sambutannya menjelaskan bahwa dalam menyambut Birokrasi 4.0 sebagai upaya peningkatan efisiensi dan efektivitas pelayanan kepada masyarakat, ASN Kemenag khususnya Maluku Utara dituntut untuk selalu mengembangkan potensi terutama di bidang Informasi Teknologi (IT).

Menurutnya, apapun yang namanya aplikasi adalah diciptakan untuk memudahkan dalam berkerja, sehingga tidak ada yang susah. Oleh sebab itu Kabag TU mengharapkan kepada seluruh peserta faham akan aplikasi Simpeg versi terbaru untuk disosialisasikan kepada seluruh ASN pada satker masing-masing.

Senada dengan Kabag TU, Kasubag Kepegawaian dan Hukum, Samsuddin Fatahuddin mengatakan bahwa aplikasi Simpeg V.05 telah didesain sedemikian mungkin sehingga lebih mudah dan "friendly" bagi user atau penggunanya.

Pada kesempatan itu pula Samsuddin mengharapkan kepada peserta untuk mensosialisasikan Simpeg V.05 dengan maksud ASN Kemenag Provinsi Maluku Utara dapat segera menginput data-data yang diperlukan.

Terakhir Samsuddin menjelaskan sekali lagi bahwa Aplikasi Simpeg Versi 5.0 mengubah kewenangan akses, dimana sebelumnya hanya dapat diakses oleh admin Simpeg namun untuk saat ini seluruh ASN dapat mengaksesnya sendiri.

Penulis : Tamam M

Penyunting : Tamam M

 

 

Baca Juga