Gelar Pembinaan GTK, Kakanwil : Guru Harus Memberikan Warna Positif Di Tengah Masyarakat

Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku Utara menggelar Silaturahmi dan Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) yang dipusatkan di Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Halmahera Barat (MAN IC HALBAR), Selasa (15/06/2021). 

Kegiatan tersebut mengangkat tema " Perspektif Pengarusutamaan Moderasi Beragama Bagi ASN Kementerian Agama" dan dibuka langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku Utara (Kakanwil Kemenag Malut) H. Sarbin Sehe. 

Kegiatan juga dihadiri langsung oleh Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia (Dirjen Pendis Kemenag RI) Prof. DR. H. Muhammad Ali Ramdhani, S.TP.MT yang sekaligus memberikan materi pembinaan bagi GTK dan ASN dilingkungan Kanwil Kemenag Malut. 

Mengawali sambutannya, Kakanwil, H. Sarbin Sehe menyampaikan kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tentang arti dari Merdeka Belajar. Kakanwil menjelaskan, Merdeka Belajar yaitu bahwa setiap unit pendidikan yaitu sekolah, terkhususnya guru dan murid punya kebebasan yaitu kebebasan untuk berinovasi, kebebasan untuk belajar dengan mandiri dan kreatif. 

Kakanwil juga berpesan kepada para guru agar memberikan warna yang positif ditengah masyarakat untuk membangun kehidupan beragama sehingga menjadi madrasah yang hebat, madrasah bermartabat. 

"Kepada guru untuk dapat menciptakan inovasi-inovasi dalam Pendidikan agar kedepan Kualitas Pendidikan semakin meningkat khususnya di madrasah", tutur Kakanwil. 

Selain itu, kepada Dirjen Pendis, Kakanwil menyampaikan sarana dan prasarana pembelajaran di MAN IC Halbar sudah semakin lengkap, "ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi siswa MAN IC Halbar", ujar Kakanwil. 

"Memberi rasa nyaman bagi siswa untuk lebih fokus belajar", Tambah Kakanwil. 

Kakanwil juga menyampaikan, untuk Provinsi Maluku Utara saat ini sudah sebagian besar proses belajar mengajar dilakukan dengan tatap muka, tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. 

Terakhir, Kakanwil meminta kepada Dirjen Pendis untuk menyampaikan materi terkait dengan pembinaan GTK dan ASN serta strategi pendidikan islam dimasa depan.

Baca Juga