Gelar Safari Jumat, Kakanwil Sosialisasi Pembatalan Keberangkatan Ibadah Haji Tahun 2021

Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku Utara dalam upaya mensosialisasikan pembatalan Ibadah Haji Tahun 1442 H / 2021 M, menggelar Safari Jumat (11/06/2021) di Masjid Agung Nurul Bahar Tomalou Kota Tidore Kepulauan. 

Safari Jumat dipimpin oleh Kakanwil, H. Sarbin Sehe didampingi Kepala Kantor Kemenag Kota Tidore Kepulauan, H. Ibrahim Muhammad, Kepala Seksi Pendidikan Islam Kemenag Tikep, Hj, Rusni Konoras dan Kepala Seksi Penyelenggara Haji Kemenag Tikep, H. Fajar Altarans 

Usai dilaksanakan sholat Jum'at, Kakanwil menyampaikan keputusan terkait pembatalan penyelenggaraan ibadah haji Tahun 1442 H / 2021 M. 

Dikatakan, kepada masyarakat agar dapat memahami dan menerima keputusan pemerintah yang tertuang dalam Keputusan Menteri Agama Nomor 660 Tahun 2021 tentang pembatalan keberangkatan jemaah haji pada penyelenggaraan ibadah haji tahun 2021. 

Ditambahkan, Keputusan ini telah dipertimbangkan jauh-jauh hari dan telah dikoordinasikan dengan semua pihak, dan juga ini diambil semata-semata untuk keselamatan dan melindungi jamaah haji dari covid 19. Sebagaimana amanah Undang-undang soal perlindungan, keselamatan dan kenyamanan jamaah dalam melaksanakan ibadah haji. 

"alasan utama adalah faktor kesehatan, keselamatan jemaah haji yang terancam akibat pandemi Covid-19 yang melanda dunia", ujar Kakanwil. 

Dalam kesempatan tersebut, Kakanwil berharap kepada masyarakat di Maluku Utara agar tidak mudah menerima informasi atau isu-isu sepihak yang berkenaan dengan pembatalan pelaksanaan ibadah haji tahun 2021 ini. 

"Meskipun haji tahun ini dibatalkan, tetapi program manasik sepanjang tahun, manasik setiap hari jumat tetap dilaksanakan di seluruh Kemenag Kabupaten/Kota di Maluku Utara, terang Kakanwil. 

"Kepada seluruh calon jamaah haji agar bersabar dan terus berdoa, semoga di tahun 2022 nanti, pelaksanaan ibadah haji dapat dilaksanakan", tambah kakanwil mengakhiri arahannya.

Baca Juga