Hadiri Seminar Aksi Perubahan, Kakanwil Harap Peningkatan Kinerja Pegawai

Kepala Bagian Tata Usaha Kantor Wilayah Kementerian Agama Maluku Utara, H. Amar Manaf menyampaikan hasil aksi perubahan pada Seminar Akhir Diklat Tenaga Administrasi Angkatan IV yang diselenggarakan oleh Pusat Pendidikan dan Pelatihan Tenaga Administrasi Kantor Kementerian Agama Republik Indonesia di Jakarta, Kamis (17/06/2021).

Sebelumnya Kabag TU mengikuti Diklat Tenaga Administrasi sebagai peserta dan mengangkat segmen aksi perubahan yakni Peningkatan Pengawasan dan Pengendalian Kinerja ASN Melalui Aplikasi SISKAP (Sistem Informasi Kinerja Pegawai) di Lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Agama Maluku Utara.

Dalam penyampaiannya, Kabag TU mengatakan untuk melakukan penilaian kinerja pegawai diperlukan langkah pengawasan dan pengendalian kinerja ASN, langkah tersebut dilakukan Kanwil Kemenag Malut melalui Laporan Capaian Kinerja Bulanan (LCKB) di setiap akhir bulan.

Menurutnya, penyajian LCKB yang selama ini dilakukan secara manual, kini diubah kedalam bentuk komputerisasi melalui Aplikasi SISKAP, dengan adanya perubahan ini diharapkan adanya peningkatan kualitas kinerja pegawai di lingkungan Kanwil Kemenag Malut.

"Setiap laporan melalui aplikasi SISKAP akan diverifikasi kebenaran dan kesesuaian buktinya oleh atasan langsung, dan karena setiap laporan akan diverifikasi, maka pegawai harus melaporkan kegiatan sesuai yang dikerjakan," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Maluku Utara, H. Sarbin Sehe ikut hadir sebagai mentor dan memberikan tanggapan pada seminar tersebut. 

Usai kegiatan Kakanwil mengapresiasi aksi perubahan tersebut dan menyatakan mendukung penuh aksi perubahan tersebut sebagai upaya peningkatan,  pengawasan dan pengendalian kinerja ASN pada jajarannya. 

"Melalui aplikasi SISKAP ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas dan kinerja pegawai di lingkungan Kanwil Kemenag Malut," tegas Kakanwil.

Dengan adanya sistem ini penilaian kinerja pegawai dapat diukur serta dapat disajikan kinerjanya secara transparan dan dapat dipertanggung jawabkan,

Selain itu melalui sistem ini, diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan ASN dalam teknologi informasi, bahwa layanan digital menjadi sebuah pilihan di era saat ini, tutupnya.

Baca Juga