Hari Pancasila 2021, Kakanwil : Momen Penting Untuk Memahami Sejarah Pancasila

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku Utara H. Sarbin Sehe mengikuti upacara memperingati Hari Lahir Pancasila Tahun 2021 melalui siaran langsung di kanal Youtube BPIP dan siaran TVRI dari kediamannya di Tidore, Selasa, (01/06/2021). 

Upacara Hari Pancasila Tahun 2021 ini dilaksanakan secara langsung dengan jumlah yang sangat terbatas, juga melalui daring atau televisi untuk menghindari kerumunan atau banyak orang sebagai langkah strategis memutus mata rantai covid-19, meskipun demikian tidak mengurangi hikmah peringatan hari lahir Pancasila. 

Pemerintah RI telah menetapkan Hari Lahir Pancasila diperingati setiap tanggal 1 Juni, berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016. Hari Lahir Pancasila 2021 jatuh pada Selasa (1/6/2021) dan ditetapkan sebagai tanggal merah atau hari libur nasional. 

Kakanwil H. Sarbin Sehe saat dihubungi usai mengikuti upacara secara virtual mengajak kepada seluruh masyarakat agar terus bersyukur kepada Allah SWT, atas perkenan-Nya, Taufiq dan Hidayah-Nya kita semua dalam keadaan sehat wal afiyat, meskipun kita masih dalam suasana pandemi covid-19. 

Ditambahkan, Upacara peringatan hari lahir Pancasila ini menjadi momen penting bagi kita semua generasi penerus bangsa ini, agar memahami sejarah lahir Pancasila yang kemudian ditetapkan sebagai dasar negara, pandangan hidup serta alat pemersatu bangsa Indonesia. 

Mengingatkan kita semua pada sejarah bahwa pemikiran yang begitu dinamis berkembang soal Pancasila saat ini, melalui pemikiran pendiri bangsa ini, akhirnya diputuskan melalui Panitia Sembilan untuk menemukan jalan tengah dalam perumusan dasar negara. Panitia ini terdiri dari Sukarno, Mohammad Hatta, Achmad Soebardjo, M. Yamin, Wahid Hasjim, Abdoel Kahar Moezakir, Abikusno Tjokrosoejoso, Haji Agus Salim, dan A.A. Maramis. 

Setelah melalui berbagai perdebatan pemikiran sengit dalam perundingan alot pada sidang Panitia Sembilan tanggal 22 Juni 1945, lahirlah rumusan dasar negara RI yang dikenal sebagai Piagam Jakarta atau Jakarta Charter yang disempurnakan dan disepakati terdiri dari: 
1. Ketuhanan Yang Maha Esa 
2. Kemanusiaan yang adil dan beradab 
3. Persatuan Indonesia 
4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan 
5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. 

Terakhir, Kakanwil H. Sarbin Sehe mengucapkan "selamat memperingati hari lahir Pancasila tanggal 1 Juni 2021, mari kita wujudkan “Pancasila dalam Tindakan, Bersatu untuk Indonesia Tangguh”. 

Baca Juga