Kakanwil Beri Laporan Terkait Kesiapan Pemberangkatan CJH Malut

Ternate (Kemenag Malut) --- Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Maluku Utara (Malut) memberikan sambutan dan pelaporan terkait persiapan keberangkatan jamaah haji kepada seluruh peserta apel siaga gabungan pada Rabu (22/06/22) di halaman Asrama Haji Transit Ternate.

Kakanwil pada kesempatan apel siaga melaporkan bahwa jumlah Calon Jamaah Haji (CJH) Malut sebanyak 492 orang yang terdiri dari CJH Malut sebanyak 489, 1 orang CJH mutasi dari Prov. Maluku, 2 orang TPHD.

Lanjutnya, CJH Malut bergabung pada kloter 11 sebanyak 389 orang dan kloter 12 sebanyak 103 orang dan akan bergabung dengan CJH Sulawesi Selatan, CJH Malut dijadwalkan masuk ke Asrama Haji Transit Ternate pada tanggal 23 Juni untuk kloter 11 dan tanggal 24 untuk kloter 12.

Dikatakan bahwa pada saat CJH dari Kab/Kota tiba di Kota Ternate, akan langsung dijemput oleh Panitia Pelaksana Ibadah Haji Daerah (PPIHD) Malut melalui pelabuhan laut maupun udara di Bandara Baabula Ternate, H. Sarbin melanjutkan bahwa seluruh CJH Malut akan menjalani tes PCR di Asrama Haji Transit Ternate mulai tanggal 24 sampai 25 Juni 2022, "Mengingat masih dalam keadaan Pademi Covid 19" ungkapnya.

Perlu diketahui juga bahwa pengamanan CJH selama menjalani karantina di Asrama Haji Transit Ternate melibatkan petugas Kepolisian Polres Ternate sebanyak 30 orang dan Satpol PP Prov. Malut sebanyak 20 orang dan pada saat keberangkatan CJH dari Asrama menuju bandara tujuan embarkasi Makassar akan dilakukan pengamanan oleh Kepolisian dengan jumlah aparat 120 orang.

Untuk layanan kesehatan selama masa karantina di asrama, CJH Malut akan dilayani oleh Dinas Kesehatan Prov. Malut, RS Umum H. Chasan Boesorie Ternate, dan KKP Pelabuhan Ternate. 

Selanjutnya, untuk pelayanan konsumsi, Koperasi Asrama Haji Transit Ternate bekerja sama dengan Kesra Kab/Kota Malut untuk menyediakan konsumsi untuk para CJH Malut.

H. Sarbin menjelaskan bahwa CJH Malut akan diberangkat ke embarkasi Makassar menggunakan pesawat Sriwijaya Air yang sebelumnya sudah menandatangani MOU dengan Pemprov Malut.

Terkahir, Kakanwil melaporkan bahwa pelepasan CJH Malut akan dilaksanakan pada tanggal 24 Juni dan upacara pelepasan dipimpin langsung oleh Gubernur Malut KH. Abdul Gani Kasuba bertempat di Asrama Haji Transit Ternate.

Baca Juga