Kakanwil Bersama Rombongan Gelar Safari Jumat di Masjid Al-Fajrin Desa Bobawa

Dalam kunjungan kerjanya di Kabupaten Hamahera Selatan, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku Utara H. Sarbin Sehe bersama rombongan menggelar Safari Jumat di Masjid Al-Fajrin Desa Bobawa, Kecamatan Makian Barat, Jumat (07/05/2021). 

Dalam tausiahnya, Kakanwil mengajak para jamaah untuk memanfaatkan momen ramadhan ini sebagai pemantapan kualitas keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT melalui ibadah puasa. 

"Puasa yang sedang kita jalani sesungguhnya sedang mengantarkan kita berproses menjadi manusia yang seutuhnya, yakni manusia yang mendapatkan derajat taqwa, sebagaimana dijelaskan (QS Al Baqarah: 183)", ujar Kakanwil. 

Beliau juga mengingatkan kepada jamaah agar menyalurkan zakat fitrah sebelum tanggal 1 syawal, dan kepada badan amil zakat, beliau berharap terus tingkatkan kualitas pengelolaan zakat dengan manajemen yang terus diperbaharui, agar zakat fitrah yang sebagai refleksi mensucikan diri dapat didistribusikan dengan baik. 

"Diharapkan kepada seluruh masyarakat agar membayar zakat melalui badan amil zakat", harap Kakanwil. 

Kepada jamaah Kakanwil berpesan agar terus menjaga persatuan dan kesatuan, serta rasa kebersamaan dalam upaya untuk menjaga negeri ini dari perpecahan mengingat di Indonesia khususnya Maluku Utara merupakan negeri yang penuh keragaman. 

Tak lupa pula, Kakanwil mengajak kepada masyarakat agar bersama-sama dengan kementerian agama melaksanakan program "Malam Jumat Mengaji", sebagai upaya untuk mengurangi buta huruf Alquran. 

Beliau mencontohkan, dahulu meskipun dengan lampu tradisional (Loga-loga/Strongkeng) namun, suara Alquran terus didengungkan dirumah-rumah penduduk, akan tetapi sekarang dengan zaman yang modern serta lampu listrik, namun suara Alquran seakan tidak terdengar lagi di rumah-rumah. 

Oleh karena itu, Kakanwil mengajak para jamaah agar cahayakan rumah dengan membaca Alquran, sebagaiaman hadits Rasulullah SAW "Terangilah rumahmu dengan membaca Alquran". 

Diakhir tausiahnya, Kakanwil mengingatkan kepada para jamaah agar selalu patuhi protokol kesehatan, melalui gerakan 5M (Mencuci tangan, Memakai Masker, Menjaga Jarak, Menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilitas dan interaksi, sebagai wujud ikhtiar dengan seraya memanjatkan doa kepada Allah SWT agar pandemi Covid-19 ini dapat segera berakhir.

Baca Juga