Kakanwil Hadiri Kegiatan Halal Bi Halal Bersama Menteri Agama Secara Virtual

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku Utara H. Sarbin Sehe menghadiri kegiatan Halal Bi Halal bersama Menteri Agama Republik Indonesia Yaqut Cholil Qoumas
secara Virtual yang digelar oleh Kementerian Agama Republik Indonesia, Jumat (14/05/2021). 

Kegiatan dengan tema "ID ZOOM FITRI” tersebut dalam rangka memperingati Hari Raya Idul Fitri 1442 H dan mempererat persaudaraan di lingkungan Kementerian Agama Pusat dan Daerah. 

Usai kegiatan, Kakanwil mengatakan
mengungkapkan rasa syukur dan bahagia atas penyelenggaraan halal bihalal Id Zoom Fitri 1442 H/2021 M. Halal bihalal sebagai tradisi Islam Indonesia soal halal bihalal menjadi amat bermanfaat dalam rangka menumbuhkan cinta dan kasih sayang diantara sesama, khususnya keluarga besar Kementerian Agama RI antara pusat dan daerah antara satuan kerja di seluruh Indonesia. 

Lebih lanjut dikatakan Halal bihalal adalah tradisi bersilaturrahim setelah lebaran idul fitri, meskipun seiring dengan waktu halal bihalal boleh dilaksanakan kapan saja. Tradisi saling bersalaman, saling mengunjungi dari rumah ke rumah setelah lebaran idul Fitri adalah bagian dari halal bihalal, manfaat dan tujuan utama adalah saling memaafkan, saling mendo’akan dan saling menyayangi. 

Ditambahkan, seiring dengan musibah pandemi covid-19, halal bihalal dilaksanakan melalui zoom atau daring, secara fisik memang berbeda, namun hakekat dan tujuannya adalah sama seperti halal bihal secara fisik. Halal bihalal adalah semangat persatuan dan kesatuan, semangat kebersamaan dengan melupakan kesalahan, kekhilafan orang lain kepada diri kita. Indikator kebaikan bagi seseorang adalah melupakan keburukan orang kepada dirinya dan terus mengingat kebaikan orang lain kepada dirinya. 

Terakhir Kakanwil menyampaikan terima kasih kepada Menteri Agama RI, Sekjen, para Pejabat Eselon I dan II di pusat, para Rektor, para Kakanwil atas halal bihalal semoga semua kita selalu berada dalam lindungan Allah SWT. 

"Selamat hari lebaran idul Fitri 1442 H/2021 M, minal aidin walfaidzin mohon maaf lahir bathin", tutup kakanwil. 

Hadir dalam kegiatan tersebut, Pejabat Eselon I,II,dan III Pusat, Pimpinan Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri seluruh Indonesia, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi seluruh Indonesia, Pejabat Eselon III di Lingkungan Kanwil Kementerian Agama Provinsi seluruh Indonesia, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota seluruh Indonesia, Kepala Bagian Diklat Seluruh Indonesia, serta Kepala Unit Pelaksanaan Teknis di Lingkungan Kementerian Agama.

Baca Juga