Kakanwil Hadiri Pray From Home - Doa Bersama Berakhirnya Pandemi

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku Utara, H. Sarbin Sehe mengikuti kegiatan Nasional Pray From Home secara virtual daring pada hari Minggu (11/07/2021) di kediamannya Jl. Kemakmuran Kelurahan Tuguaji Kota Tidore Kepulauan.

Pray From Home adalah kegiatan doa bersama seluruh umat beragama yang diinisiasi Kementerian Agama RI untuk memohon perkenan Tuhan Yang Maha Esa mengangkat wabah Covid-19 (berakhirnya pandemi) dalam kehidupan bangsa Indonesia dan umat manusia.

Kegiatan dihadiri langsung oleh Presiden RI, H. Joko Widodo, Menteri Agama RI, H. Yaqut Cholil Qoumas (Gus Yaqut), Gubernur, Bupati, Tokoh Agama dan Elemen Masyarakat serta Keluarga Besar Kementerian Agama Republik Indonesia.

Usai doa bersama kepada awak Humas Kakanwil mengatakan bahwa menghadapi pandemi saat ini, doa adalah hal yang penting untuk mendekatkan diri kepada Sang Pencipta, dimana wabah adalah qodrat dan iradat dari Allah SWT.

Adapun usaha-usaha yang telah dilaksanakan dalam mengatasi pandemi tentunya bagian dari ikhtiar secara lahir, namun secara batin pendekatan kepada Allah Tuhan YME merupakan jalan yang harus ditempuh agar usaha-usaha lahir tersebut dimudahkan dan mendapat keridhaan_Nya.

H. Sarbin juga menjelaskan bahwa doa bersama yang dikemas dalam Pray From Home Kementerian Agama tersebut menurut H. Sarbin adalah sebuah gerakan moral sesama anak bangsa, berdoa untuk keselamatan dan kesehatan bangsa Indonesia, sehingga diharapkan muncul semangat kebersamaan dalam menghadapi pandemi saat ini.

Pada kesempatan tersebut Kakanwil menyampaikan kepada seluruh jajarannya, usai melaksanakan kegiatan diharapkan untuk selalu melangitkan doa di rumah masing-masing memohon kepada Yang Maha Kuasa, dengan kuasa_Nya memberikan petunjuk, perlindungan dan keselamatan pada bangsa dan negara. 

"Begitu juga bagi korban yang telah dipanggil Allah SWT mendapatkan tempat yang layak di sisi_Nya", ucap Kakanwil.

Kakanwil menambahkan bahwa kesalihan seseorang ditentukan oleh kualitas ibadahnya, sedangkan kunci ibadah adalah dzikir (ingat) dan doa.

Oleh sebab itu Kakanwil mengharapkan sekali lagi kepada seluruh Keluarga Besar Kementerian Agama Provinsi Maluku Utara untuk memanjatkan harapan-harapan kepada Allah SWT, mengiringi usaha lahir seperti selalu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas, tentunya dengan harapan wabah covid dapat segera berakhir dan kehidupan dapat kembali normal seperti sedia kala.

Perlu diketahui dalam Pray From Home dipanjatkan doa masing-masing agama seperti Doa penyembuhan (Agama Islam) oleh Prof. Dr. Quraish Shihab, Doa Kekuatan (Kristen) Pendeta Lipius Binilu, Doa Keselamatan Bangsa (Hindu) Kol. Inf. (Purn) I Nengah Dana, S.Ag.

Sementara itu Doa Rasa Aman (Buddha) oleh Sri Pannyavaro Mahathera dan Doa Ketaatan (Konghucu) Xs. Budi Santoso Tanuwibowo serta
Doa Solidaritas Bangsa (Katolik) oleh Prof. Dr. Ignatius Kardinal Suharyo Hardjoatmodjo

Baca Juga