Kakanwil Hadiri Rakor Penegakan Disiplin Prokes Bersama Kemendagri RI secara Virtual

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku Utara, H.Sarbin Sehe menghadiri rapat koordinasi (Rakor) yang dilaksanakan oleh Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri RI) secara virtual, pada Senin (03/05/2021). 

Rakor tersebut dalam rangka penegakan disiplin protokol kesehatan dan penanganan covid 19 di daerah. Dan dibuka langsung oleh Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia (Mendagri RI) Tito Karnavian. 

Usai rakor, Kakanwil mengatakan menyambut dengan baik rakor tersebut dalam upaya untuk memutus mata rantai covid 19. 

Kakanwil juga akan menyampaikan hasil rakor ini kepada satuan kerja (satker) di lingkungan Kementerian Agama Provinsi Maluku Utara untuk segera mensosialisasikan protokol kesehatan (prokes) melalui gerakan 5M (Memakai masker, Mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, serta Membatasi mobilisasi dan interaksi). 

Selanjutnya, Kakanwil menghimbau kepada seluruh masyarakat agar selalu memperhatikan protokol kesehatan ini sebagai langkah ikhtiar, karena di beberapa negara kasus covid19 terus mengalami peningkatan, contohnya di India. 

"Berdasarkan data statistik, hampir seluruh negara dilanda kasus covid19", ujar kakanwil. 

Kakanwil juga mengharapkan kepada tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, pimpinan lembaga keagamaan khususnya di Maluku Utara agar mentaati dan melaksanakan edaran Menteri Agama No 3 Tahun 2021 tentang pelaksanaan protokol kesehatan di bulan suci ramadhan dan pelaksanaan shalat idul fitri 1442 H. 

"Meskipun Maluku Utara saat ini berada di zona hijau, namun masyarakat harus tetap memperhatikan prokes secara maksimal", sambungnya. 

Terakhir, Kakanwil mengajak kepada seluruh masyarakat Maluku Utara agar dapat membatasi kegiatan-kegiatan keagamaan yang dapat mengundang banyak orang, khususnya dibulan suci ramadhan ini, Kakanwil mengingatkan agar sebisa mungkin dibatasi jumlah orang, yakni 50 persen dari kapasitas ruangan, seperti kegiatan buka puasa bersama dan peringatan nuzulul quran.

Baca Juga