Kakanwil Harap Seluruh CJH Gunakan Fasilitas Asrama Haji Ternate

Ternate (Kemenag Malut) --- Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku Utara, H. Sarbin Sehe pada hari Jumat (13/05/2022) mengharapkan seluruh Calon Jamaah Haji (CJH) Kabupaten/Kota se-Maluku Utara menggunakan Fasilitas Asrama Transit Haji Ternate.

Menurutnya, saat ini pandemi masih ada atau belum berakhir, sehingga kesehatan CJH perlu di jaga. Adapun Asrama Haji Ternate memiliki fasilitas sesuai standar kesehatan dan sistem pelayanan dan pengawasan yang cukup ketat dalam melindungi CJH dari paparan Corona, "Syarat ke Arab Saudi harus bebas dari Covid 19", tambahnya.

Hal itu disampaikan Kakanwil saat melakukan Rapat Koordinasi bersama seluruh pihak terkait Penyelenggara Ibadah Haji Tahun 1443 H/ 2022 M Provinsi Maluku Utara di Aula Asrama Haji Ternate.

Rapat koordinasi tersebut diikuti antara lain oleh Kepala Biro Kesra dan Kabag Kesra Pemda Malut serta Kab/Kota, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi dan Kab/Kota Malut, Kabid Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU), Kepala Kantor Kemenag dan Kasi PHU Kab/Kota, Kepala KKP Ternate. 

Kakanwil melanjutkan bahwa pihaknya mengapresiasi kebijakan Pemda Provinsi Maluku Utara dan Kab/Kota se-Maluku Utara terkait kebijakan pembiayaan penyelenggaraan haji dengan skema 60 % ditanggung Pemda Kab/Kota dan 40 % ditanggung oleh Pemda Provinsi.

Selain itu Kakanwil juga memberikan apresiasi kepada pihak KKP Ternate yang akan mengupayakan pemeriksaan kesehatan terakhir CJH di Asrama Haji Ternate di mana sebelumnya selalu dilakukan di Asrama Haji Sudiang Makassar.

Terakhir H. Sarbin menyampaikan apresiasi kepada Dinas Kesehatan Provinsi Maluku Utara khususnya Dinas Kesehatan Kab/Kota yang telah melakukan pemeriksaan kesehatan CJH di wilayah masing-masing.

Perlu diketahui Rapat dipimpin oleh Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Daerah (PPIHD) H. Amar Manaf yang juga menjabat sebagai Kabag TU Kanwil Kemenag Malut, membahas tentang progres persiapan penyelenggaraan Ibadah Haji diantaranya biaya Embarkasi dan Debarkasi, Biaya Lokal Penyelenggaraan, Pelayanan Kesehatan CJH, Transportasi Haji dll.(tam)


Editor : Bur

Baca Juga