Kakanwil Ikuti Rakernas Kemenag RI 2021 "Percepatan Transformasi Layanan Publik"

Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) mengadakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Tahun 2021, dengan tema Percepatan Transformasi Layanan Publik selama tiga hari dan dibuka pada hari ini Senin (05/04/21) di Jakarta.

Rakernas diikuti oleh Pejabat Eselon I dan II di lingkungan Kemenag RI, Kanwil Kemenag Provinsi, dan Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri, serta Kepala Kantor Kemenag Kabupaten/Kota se-Indonesia.

Yaqut Cholil Qoumas Selaku Menteri Agama, dikesempatan tersebut membuka langsung sekaligus memimpin Rakernas yang diselenggarakan secara tatap muka dan online via zoom meeting.

Sementara itu Kakanwil, H. Sarbin Sehe mewakili Kanwil Kemenag Provinsi Maluku Utara beserta jajaran Kepala Kankemenag Kab/Kota dibawahnya ikut serta dalam kegiatan Rakernas dengan sistem online atau dalam jaringan. 

Pada kesempatan itu, Kakanwil mengikuti Rakernas didampingi dua KaKankemenag terdekat yakni KaKankemenag Kota Tidore Kepulauan, H. Ibrahim Muhammad dan KaKankemenag Kab. Halmahera Timur yang diwakili oleh Kasubag TU, H. Azhar Soleman di ruang kerjanya, sementara itu KaKankemenag yang lain mengikuti Rakernas di tempat tugas masing-masing.

Usai kegiatan Kakanwil mengharapkan kepada seluruh ASN Kemenag Maluku Utara agar menindaklanjuti arahan sebagaimana disampaikan Menteri Agama dalam menghadirkan layanan seutuhnya kepada seluruh umat beragama tanpa terkecuali.

"Apa yang disampaikan Gus Yaqut telah dilaksanakan dalam berbagai layanan kepada umat beragama, namun ini merupakan penguatan yang perlu diingat dan ditingkatkan dalam pelaksanaannya kedepan," kata Kakanwil.

Beliau menambahkan, Menag dalam penyampaiannya berharap agar agama ditempatkan sebagai inspirasi bukan aspirasi yang bermakna menghadirkan agama menjadi rahmat bagi alam semesta.

Pemikiran ini diharapkan Menag agar sesama umat beragama tidak saling mengkafirkan dan menyalahkan, tetapi terus memoderatkan pikiran untuk hidup berdampingan, saling menghargai, membantu satu dengan lainya tanpa memandang perbedaan dalam aspek agama.

Kakanwil juga berharap kepada seluruh jajaran Kanwil Kemenag Malut terutama Kemenag Kab/Kota agar hasil Rakernas dapat segera ditindaklanjuti dalam bentuk aksi nyata dalam rangka moderasi beragama sebagaimana diharapkan Menag Gus Yaqut. "Begitu juga dengan transformasi pelayanan yang menjadi topik utama dalam Rakernas", tutupnya

Baca Juga