Kakanwil Sambut Kedatangan CJH 3 Kabupaten

Ternate (Kemenag Malut) --- Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Maluku Utara H. Sarbin Sehe didampingi Kabag TU Kanwil Kemenag Malut yang juga sebagai Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Daerah (PPIHD) Malut H. Amar Manaf menyambut kedatangan Calon Jamaah Haji (CJH) Malut Kloter 11 di Aula Asrama Haji Transit Ternate pada Kamis (23/06/22).

Mengawali sambutan, di hadapan CJH Kabupaten Halut, Halbar, dan Haltim Kakanwil menyampaikan bahwa penyelenggaraan haji 1443 H berbeda dari pelaksanaan haji sebelumnya dikarenakan masih dalam suasana pandemi covid 19.

Oleh karena itu beliau menghimbau kepada para CJH untuk selalu menjaga protokol kesehatan (prokes) agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Perlu diketahui bahwa seluruh CJH saat tiba di Ashaj langsung dilakukan tes PCR guna memastikan kesehatan CJH, petugas kesehatan yang terdiri dari Dinkes Prov. Malut, RS. Chasan Boesori Ternate, dan KKP telah bersiap untuk melakukan tes PCR. dikatakan oleh Kakanwil, langkah ketat yang diterapkan oleh PPIHD sebagai bentuk ikhtiar untuk melindungi CJH dari paparan virus covid 19 yang belum usai melanda bangsa Indonesia.

Hal penting lain yang disampaikan beliau adalah terkait perubahan jadwal keberangkatan CJH Malut, jika biasanya CJH Malut diberangkatkan pada gelombang pertama, pada tahun ini CJH Malut bergeser masuk pada gelombang kedua, hal ini berpengaruh terhadap aturan waktu keberangkatan. "Jika bapak dan ibu lalai dalam menjaga kesehatan, maka dipastikan PPIHD tidak dapat membantu melalui proses tanazul karena terkendala waktu pada gelombang kedua yang sangat singkat" jelas Kakanwil.

Terakhir, Kakanwil meminta keridhoan dan keikhlasan seluruh CJH untuk sama-sama saling mendoakan, agar selama menjalankan ibadah haji selalu dalam perlindungan Allah SWT, selalu dimudahkan perjalanannya dari proses berangkat menuju ke Makkah hingga kembali ke tanah air dan kampung halaman dengan keadaan yang sehat wal afiat dan Insha Allah menyandang gelar haji mabrur, "bapak ibu adalah orang-orang yang beruntung karena termasuk didalam 1 Juta tamu Allah yang mendapatkan kesempatan mengunjungi rumah Allah pada tahun 2022 M ini dan pada tatanan dunia baru, mari sama-sama mengucapkan syukur atas segala nikmat yang telah diberikan" tutup Kakanwil.

 

Penulis : Idham

Editor : Burhanuddin, Tamam

Baca Juga