Kakanwil Silaturrahim dengan Jamaah Haji 2019 Kota Ternate

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku Utara, H.Sarbin Sehe bersilaturrahim dengan jamaah Haji Tahun 2019 di Vila Haji Ogo Kelurahan Lota, Kota Ternate, minggu (04/04/2021). 

Kegiatan ini dilaksanakan oleh forum arisan pasca haji, khususnya kloter 10 tahun 2019 Kota Ternate. 

Dalam sambutannya, Kakanwil, H.Sarbin Sehe merasa bahagia menghadiri arisan silaturrahim dalam menyambut bulan suci Ramadhan 1442 H. 

Kakanwil juga mengatakan Bapak Haji dan ibu Haja adalah para hujaj yang memiliki status sosial sangat dihargai dilingkungan masyarakat dengan panggilan bapak dan ibu haji, dibelakang nama disandangkan gelar haji, karena itu teruslah pertahankan kemabruran haji yang telah diperoleh saat beribadah haji, melalui peningkatan kualitas dan kuantitas penghayatan dan pengamalan ajaran agama dilingkungan masing-masing. 

Lebih lanjut dikatakan, bapak dan ibu saat ini telah menjadi tokoh agama, tokoh masyarakat, ustat, ustaja, guru umat, joguru (bahasa lokal), maka dari itu ucapan dan perilaku akan selalu menjadi cotoh dari kebanyakaran orang, karena itu teruslah menjadi teladan berdakwa, menyampaikan petuah kepada masyarakat agar kualitas beragama di masyarakat dan umat Islam lebih baik. 

Kepada para jamaah Kakanwil, meminta untuk terus mewujudkan rasa kebersamaan, persatuan dan kesatuan, kerukunan dan kedamaian, saling menguatkan, saling memuliakan dan saling mendo’akan satu sama lain. 

"Wajah bapak dan ibu hari ini seperti dan rasanya saat tiba di asrama haji Sudiang Makassar, wajah yang penuh bahagia atas predikat haji mabrur", ujar kakanwil. 

Berbeda dengan calon jamaah haji tahun 2020 hingga saat ini belum ada kepastian berangkat, karena itu kakanwil menyampaikan kepada para jamaah agar terus berbuat kebaikan, karena kita semua belum tahu kebaikan apa dan kebaikan mana yang menjadi amal yang diterima Allah dan mengantarkan kita menjadi hamba terbaik. 

Kakanwil juga berpesan, pilkada kota Ternate telah selesai, waktu berbeda juga telah berakhir dan selesai, walikota dan wakil walikota terpilih saat ini adalah pemimpin kita semua. 

"tidak usah ada yang merasa kalah atau menang, kita semua adalah pemenang, teruslah bersatu membangunan untuk kemajuan daerah yang kita cintai ini", pesan Kakanwil. 

Terakhir, Kakanwil menyampaikan terima kasih kepada semua yang hadir saat ini atas jalinan silaturrahim, semoga silaturrahim memperpanjang umur kita semua. 

Perlu diketahui, Kegiatan silaturrahim ini diisi dengan tausiyah oleh Joguru Kesultanan Kota Ternate, H. Mudi sapaan H. Zulkiram, tentang menyambut bulan suci Ramadhan 1442 H.

Baca Juga