Kanwil Kemenag Malut Gelar Doa Bersama Lintas Agama Tanggal 11 Agustus 2021

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku Utara H. Sarbin Sehe di dampingi Kepala Sub Bagian Organisasi dan Tata Laksana Forum Kerukunan Umat Beragama (Kasubag Ortala dan FKUB) Safri Kamaria, serta Kepala Seksi Penerangan Agama Islam Dahlan Saidi melakukan Silaturahmi serta Koordinasi bersama Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ternate Samlan Ahmad dalam rangka Pelaksanaan Doa Bersama Lintas Agama. 

Silaturahmi yang berlangsung di ruang kerja Rektor IAIN ternate (Jumat, 30/07/2021) itu menghasilkan beberapa kesepakatan diantaranya adalah tanggal 11 Agustus 2021 akan dilaksanakan doa bersama lintas agama yang melibatkan seluruh tokoh agama di Provinsi Maluku Utara. 

Usai silaturahmi, kepada humas Kakanwil H. Sarbin Sehe menyampaikan Doa bersama ini dimaksudkan untuk menambah kekuatan mental dan psikologis masyarakat akibat pandemi covid-19 yang semakin meningkat, serta memohon doa kepada Tuhan Yang Maha Esa agar pandemi covid-19 ini segera berakhir. 

Selain itu, Beliau menambahkan doa bersama lintas agama ini direncanakan akan diisi dengan tausiah kebangsaan yang akan disampaikan oleh salah satu tokoh nasional. "Diupayakan akan disampaikan oleh salah satu tokoh nasional dalam rangka memperkuat penguatan kebangsaan, kerukunan dan kebangsaan sebagai indeksi dari moderasi beragama", ujar Kakanwil. 

Selanjutnya, kesepakatan yang dihasilkan dalam koordinasi tersebut adalah akan dilaksanakan vaksin massal yang bertempat di Kampus IAIN Ternate yang melibatkan keluarga besar Kanwil Kemenag Malut beserta seluruh jajarannya, keluarga besar sivitas akademik IAIN Ternate, serta Polda Maluku Utara yang sekaligus memfasilitasi vaksin yang akan digunakan, kegiatan ini dijadwalkan pada tanggal 6 Agustus 2021. 

"Kepada semua pihak agar mendukung kegiatan ini, baik doa bersama maupun vaksin massal dalam upaya memutus mata rantai covid-19", pungkasnya. 

Terakhir, Kakanwil menyampaikan pihaknya bersama dengan rektor IAIN Ternate menyepakati ASN Kemenag dan civitas akademik IAIN Ternate dapat menjadi contoh bagi masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan dalam upaya meminimalisasi penyebaran covid-19, "Menjalankan 5M menjadi model gerakan bersama-sama", tutup Kakanwil. 

Perlu diketahui, penanggung jawab dari kegiatan doa bersama lintas agama, serta vaksin massal ini adalah Kanwil Kemenag Malut, IAIN Ternate, serta Forum Kerukunan Umat Beragama.

Baca Juga