Kanwil Kemenag Malut Gelar KSM Online Tingkat Provinsi

Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku Utara, melalui Bidang Pendidikan melaksanakan Kompetisi Sains Madrasah Online (KSMO) Tahun 2021 tingkat Provinsi secara serentak di 10 Kabuapaten Kota se-Maluku Utara pada hari Minggu sd Senin (9 sd 10 September 2021).

Kompetisi antar siswa madrasah tersebut mempertandingkan 11 mata lomba pada masing-masing tingkatan pendidikan baik Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), hingga Madrasah Aliyah (MA).

Diikuti oleh puluhan siswa madrasah pada masing-masing Kab/Kota, KSMO Tingkat Provinsi Maluku Utara Tahun 2021 tersebut dibuka langsung oleh Kakanwil Kemenag Malut, H. Sarbin Sehe di Aula MAN 1 Ternate. 

Selain diikuti oleh peserta dari Kota Ternate secara langsung, kegiatan Pembukaan KSMO pada hari Minggu (09/10/2021) juga diikuti dan peserta dari Kab/Kota yang lain secara virtual daring, di tempat pelaksanaan masing-masing. 

Pada kegiatan tersebut, Kakanwil didampingi sejumlah pejabat di antaranya, Kabag TU H. Amar Manaf, Kabid Pendis H. Adam Ma’rus dan Kakankemenag Kota Ternate Amir Tmagola, serta Kasi KSKK H. Abdurrahman M. Ali sebagai penanggung jawab kegiatan. 

Dalam arahannya sebelum membuka kegiatan, Ka.Kanwil Kemenag Prov Maluku Utara menjelaskan bahwa melalui KSM, akan terlahir putra putri madrasah yang terlatih menggunakan kemampuan intelektual, emosional, dan spiritual berdasarkan nilai-nilai agama dalam berkompetisi pada kehidupan nyata kelak di kemudian hari.

Meskipun masih di masa pandemi, negara harus tetap hadir guna menjamin keselamatan, kesehatan dan pendidikan seluruh warga negara. Oleh sebab itu Negara melalui Kementerian Agama tetap memfasilitasi peserta didik pada madrasah untuk senantiasa berkompetisi dan berprestasi dengan tetap mentaati protokol kesehatan, “Sehingga KSM tahun ini dilaksanakan full online”, jelasnya 

Selain itu Kakanwil mengharapkan KSM mampu mendorong semangat siswa-siswi dalam mengukir prestasi, serta dapat memajukan madrasah dengan mengharumkan nama madrasah melalui kemenangan yang akan di raih, “Selamat Berlomba Anak-Anakku, Selamat meraih prestasi.

Sementara itu Kepala Bidang Pendis H. Adam Ma’rus dihubungi usai kegiatan menjelaskan bahwa KSM kali ini memiliki tantangan tersendiri karena pembelajaran langsung baru digelar dalam hitungan minggu dimana dari awal pandemi tahun 2020 masih digelar secara daring maupun secara sif, namun pihaknya menaruh harapan besar dengan semangat dan ikhtiar dari seluruh peserta untuk mengharumkan nama madrasah masing-masing.

Sebagai mana diketahui, Kompetisi Sains Madrasah (KSM) adalah sebuah ajang kompetisi antar siswa madrasah dalam bidang sains yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama. sejak Tahun 2012, dan pada Tahun 2018 KSM dilaksanakan berbasis teknologi informasi yang dimaksudkan untuk menjamin akuntabilitas dan transparansi pelaksanaan kompetisi.

Baca Juga