Kanwil Kemenag Malut Gelar Sosialisasi Aplikasi SISKAP

Sebagai tindak lanjut dari penerapan sistem penilaian kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkungan Kementerian Agama Provinsi Maluku Utara, hari ini Kamis, (10/6/2021) Kantor Wilayah Kementerian Agama Maluku Utara menggelar Sosialisasi Sistem Informasi Kinerja Pegawai (SISKAP) bertempat di Gedung Aula Kantor dengan narasumber Kepala Bagian Tata Usaha (Kabag TU) Amar Manaf, serta Operator Aplikasi Maskur M Laher, dan diikuti oleh seluruh pejabat eselon III dan eselon IV, serta para ASN. 

Dalam arahannya Kabag TU menyampaikan Aplikasi SISKAP yaitu layanan berbasis online yang berfungsi untuk mengelola kinerja ASN secara elektronik, oleh masing-masing ASN baik itu sebagai yang dinilai maupun sebagai penilai. 

"Aplikasi SISKAP yaitu sebagai perangkat untuk mengukur kinerja pegawai, memonitoring pegawai, serta mengukur prestasi kerja pegawai khususnya ASN Kanwil Kemenag Malut", ujar Amar. 

Ditambahkan,  Aplikasi SISKAP ini masih dalam tahapan sosialisasi atau pengenalan, nanti pada bulan depan (Juli 2021) aplikasi ini sudah dapat dijalankan. Aplikasi SISKAP sebenarnya diciptakan untuk mempermudah atasan melihat apa yang  dikerjakan stafnya selama seharian di kantor. 

Sementara itu, Operator SISKAP Kanwil Malut, Maskur M. Laher menjelaskan serta mempraktekan bagaimana cara pengisian pada aplikasi SISKAP. Terlebih dahulu masuk ke laman web dengan alamat siskapmalut.kemenag.go.id selanjutnya masukkan Nomor Induk Pegawai (NIP), pengguna dan mengisi password. 

"Setelah itu harus melengkapi data profil ASN dan selanjutnya dapat memulai untuk mengisi data lainnya terutama kegiatan pekerjaan masing-masing ASN,” jelas Maskur. 

Semua peserta tampak antusias menyimak dan mempraktikkan pengisian SISKAP yang dibimbing langsung oleh Maskur M. Laher (Operator SISKAP Kanwil). 

Terakhir, sebelum sosialisasi selesai, Amar Manaf kembali memberikan motivasi bahwa dengan adanya SISKAP ini diharapkan dapat mengelola SDM menjadi lebih efektif dan efisien.  Selain itu, dapat mempermudah proses pelaporan kinerja ASN, khususnya ASN dilingkungan Kanwil Kemenag Malut.

Baca Juga