Kanwil Kemenag Malut Gelar Upacara Peringatan Hari Santri 2021

Dalam rangka memperingati hari santri yang jatuh pada tanggal 22 Oktober, Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku Utara menggelar Upacara Hari Santri 2021 di halaman Kantor, Jl. KM 40 Sofifi, Jumat (22/10/2021). 

Hari santri Tahun 2021 ini, Kementerian Agama mengusung tema "Santri Siaga Jiwa Raga" dengan harapan membentuk pernyataan sikap santri Indonesia agar selalu siap siaga menyerahkan jiwa dan raga untuk membela Tanah Air. 

Bertindak selaku Inspektur Upacara Kakanwil H. Sarbin Sehe. Upacara ini juga diikuti oleh seluruh Pejabat Eselon III dan IV, Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Kanwil Kemenag Maluku Utara, Kepala Madrasah, Guru dan Siswa Madrasah se Kecamatan Oba Utara. 

Kakanwil H. Sarbin Sehe dalam amanahnya membacakan sambutan Menteri Agama Republik Indonesia Yaqut Kholil Qoumas. 

Diantaranya, Menag menyampaikan bila zaman dahulu jiwa santri selalu siap dan berani maju untuk merebut dan mempertahankan kemerdekaan indonesia, maka santri hari ini tidak akan pernah memberikan celah masuknya ancaman ideologi yang dapat merusak persatuan dan kesatuan indonesia. 

Siaga Jiwa Raga merupakan merupakan komitmen seumur hidup santri yang terbentuk dari tradisi pesantren yang tidak hanya mengajarkan kepada santri-santrinya tentang ilmu dan akhlak. 

Melainkan juga tazkiyatun nafs, yaitu mensucikan jiwa dengan cara digembleng melalui berbagai "tirakat" lahir dan batin yang diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. 

Oleh karena itu melalui momen Upacara Peringatan Hari Santri 2021 ini, Menag mengajak mari bersama-sama mendoakan para pahlawan terutama dari kalangan ulama, kiai, santri yang telah syahid di medan perang demi kemaslahatan bangsa dan agama. 

"Semoga arwah para pahlawan bangsa ditempatkan yang terbaik di sisi Allah SWT. Amin", Doa Menag. 

Terakhir, Menag menyampaikan terima kasih kepada seluruh elemen masyarakat dari Sabang sampai Merauke yang hari ini sedang bersuka cita merayakan peringatan hari santri 2021. 

"Mari kita kepalkan tangan dan bersama-sama mengucapkan : HARI SANTRI 2021.. SANTRI SIAGA JIWA RAGA", ajakan Menag di akhir sambutannya yang di bacakan Kakanwil.

Baca Juga