Kanwil Kemenag Malut Sukses Gelar MJB Ke-3

Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku Utara kembali menggelar Malam Jumat Berzikir (MJB)pada hari Kamis (29/07/2021) secara virtual melalui aplikasi zoom dan disiarkan melalui kanal YouTube dan Facebook Kanwil Kemenag Malut.

MJB adalah sebuah kegiatan sebagai wahana doa bersama khususnya Umat Muslim Maluku Utara, sebagai bentuk pertaubatan, upaya mendekatkan diri kepada Sang Khalik, dalam memohon perlindungan serta dicabut_Nya atau berakhirnya Pandemi Covid-19 di muka bumi, khususnya di Indonesia dan Provinsi Maluku Utara.

MJB kali ini adalah yang ketiga kalinya diadakan di setiap malam Jumat selama pandemi covid-19 gelombang  dua, Tahun 2021 ini. Adapun sebagai penyelenggara atau penanggung jawab kegiatan adalah Kantor Kemenag Kota Tidore Kepulauan.

Berbeda dengan sebelumnya, MJB kali ini dipusatkan di dua titik, yakni di Kantor Kemenag Kota Tikep dan Kediaman Walikota Tikep serta dihadiri ratusan umat melalui aplikasi zoom maupun live streaming media sosial.

Kegiatan dihadiri langsung oleh Kakanwil Kemenag Maluku Utara, H. Sarbin Sehe yang saat itu berada di kediaman Walikota Tikep. H. Ali Ibrahim, didampingi Kakankemenag Tikep, H. Ibrahim Muhammad. Sementara itu KH. An'Im Fatah Jabir, Pimpinan Pondok Pesantren Al Khairat Bumi Hijrah Tidore memimpin Dzikir bersama beberapa ASN Kemenag Tikep.

Dalam sambutan yang disampaikan sebelum MJB dimulai, Walikota Tikep H. Ali Ibrahim mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Agama yang telah mengadakan kegiatan dzikir dan doa bersama di masa pandemi saat ini, pihaknya menyambut baik dan mendukung kegiatan tersebut.

Selain itu H. Ali Ibrahim juga mengajak masyarakat untuk selalu berdisiplin dalam melaksanakan protokol kesehatan yang dikenal dengan istilah "5M", yakni , Memakai Masker, Menjaga Jarak, Menjauhi Kerumunan, Mencuci Tangan dan Mengurangi Mobilitas.

Dihubungi via seluler usai kegiatan, Kakanwil H. Sarbin Sehe mengungkapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah, khususnya Kota Tidore Kepulauan yang telah mendukung kegiatan MJB setiap minggunya.

Menurut H. Sarbin Malam Jumat Berzikir juga dimaknai sebagai penguat iman dan taqwa sebagai penyemangat dalam menghadapi pandemi, dimana salah satu pertahanan diri dari paparan virus adalah imunitas. 

"Keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT melahirkan kesabaran serta ketenangan dalam menghadapi pandemi, itu pula yang mampu meningkatkan imun dalam diri ", tutupnya.

Masih di lokasi MJB Kantor Kemenag Tikep, usai kegiatan Kasubag TU, H. Kusmadi mengucapkan syukur Alhamdulillah kegiatan Malam Jumat  Berzikir ke-3 dapat berjalan aman dan lancar.

Selain itu Kasubag TU juga menyampaikan terima kasih kepada Kanwil Kemenag Malut dan jajarannya, khususnya Crew Humas Kanwil yang telah mensupport secara teknis sehingga kegiatan MJB berjalan sukses.

Baca Juga