Kunker Halsel - Kakanwil dan Rombongan Gelar Safari Ramadhan di Dua Lokasi

Dalam rangkaian kegiatan Kunjungan Kerja ke Kabupaten Halmahera Selatan, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku Utara, H. Sarbin Sehe dan rombongan, pada hari Kamis malam (29/04/2021) melaksanakan Safari Ramadhan di dua titik yakni Masjid Jami Al Munawar dan Mushalla Akefai Desa Saketa Kecamatan Gane Timur Kabupaten Halmahera Selatan.

Kegiatan Safari Ramadhan ini, selain menyapa jamaah di kedua tempat ibadah muslim tersebut, juga mempunyai tujuan untuk lebih mendekat kepada masyarakat, sehingga masyarakat semakin mengetahui dan faham keberadaan Kementerian Agama beserta tugas dan fungsi yang diembannya.

Di Masjid Al Munawar usai melaksanakan Shalat Tarawih, Kakanwil memberikan tausiyah tentang Nuzulul Qur'an (turunnya Al-Qur'an pertama kali) yakni diterima oleh Rasulullah Muhammad SAW pada 17 Ramadhan awal kenabiannya.

Diantaranya H. Sarbin Sehe menerangkan tentang pembagian Al Quran sesuai periode, yakni pra dan paska hijrahnya Rasulullah dan pengikutnya ke Madinah, serta hikmah memperingatinya dalam rangka menghayati dan mengamalkan ajaran  yang terkandung dalam Al-Qur’an untuk dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk lebih jelasnya, anda dapat membaca materi yang disampaikan Kakanwil, H. Sarbin Sehe disini.

Diakhir tausiah ramadhan, H. Sarbin mengajak kepada jamaah dan umat Islam di Provinsi Maluku Utara agar terus memelihara ibadah puasa hingga akhir ramadhan, sehingga  semua bisa mendapatkan derajat taqwa yang diberikan Allah SWT kepada setiap mukmin yang menjalankan ibadah puasa dengan baik. 

Kakanwil juga mengajak kepada seluruh umat beragama, masyarakat Maluku Utara agar senantiasa memelihara rasa kebersamaan, persaudaraan, persatuan dan kesatuan. Dan beberapa waktu lalu, Halmahera Selatan melaksanakan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati, tentunya ada perbedaan pilihan. 

Kakanwil menghimbau untuk mengakhiri perbedaan itu, tidak ada yang merasa kalah dan merasa menang, pilkada sudah selesai, kemenangan bersama rakyat Halmahera Selatan yang telah menentukan pemimpin lima tahun akan datang, Bupati dan Wakil Bupati terpilih adalah Bupati dan Wakil Bupati seluruh masyarakat Halmahera Selatan.

Usai melaksanakan Safari Ramadhan, Kakanwil menyerahkan sejumlah mushaf Al-Qur'an kepada Tak'mir Masjid. Beliau mengharapkan bahwa Al Qur'an tersebut dapat dibaca oleh para jamaah, dan dengan bacaan tersebut semoga mampu mendatangkan keberkahan Allah SWT serta nur cahaya yang menyinari masjid maupun rumah-rumah para jamaah.

Ikut mendampingi Kakanwil pada Safari Ramadhan tersebut, Kasubag Humas dan Umum, Burhanuddin Onde serta Kasi Penerangan Agama Islam, H. Dahlan Saidi.

Sementara itu di lokasi yang lain yakni Mushalla Akefai, bertindak sebagai pemberi Tausiyah H. Jailani Umar, Kasi Pemberdayaan Zakat dan Wakaf. Bersama beliau hadir pula Kasi Pemberdayaan KUA, H. Zaber Wahid dan Kasubag Kepegawaian, Samsuddin Fatahuddin.

Baca Juga