MENYAMBUT LEBARAN IDUL FITRI 1442 H/2021

Oleh 
Kakanwil, H. Sarbin Sehe

 

Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh

Kaum Muslimin dan Muslimat 

Puji dan syukur mari kita panjatkan ke hadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya sehingga membawa kita memasuki hari yang fitri ini. Shalawat dan salam semoga tercurah kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW beserta keluarga, para sahabat, para tabi'in dan seluruh kaum muslimin.

Kaum Muslimin dan Muslimat yang Berbahagia,

Alhamdulillah, berkat rahmat dan ridha Allah SWT, sampailah kita di penghujung bulan suci Ramadlan, selama sebulan penuh berpuasa, kita  mengakhiri bulan penuh berkah ini dengan merayakan Idul Fitri, hari besar yang membawa kita kepada kesejatian diri, kembali menjadi fitra, setelah mampu mengendalikan hawa nafsu melalui ibadah puasa.
Misi utama bulan suci Ramadhan adalah mengembalikan jatidiri kemanusiaan kita yang kita raih melalui aktivitas puasa, qiyamul-lail, zakat, infaq, sadaqah dan ibadah-ibadah lainnya. Seluruh rangkaian ibadah dibulan suci Ramadhan disempurnakan dengan melaksanakan kewajiban membayar zakat fitrah untuk menyucikan jiwa kita, mensucikan diri bagi setiap muslim dan muslimat, dari kesucian inilah diibaratkan seperti baru lahir, atau bayi baru lahir yang belum ada dosa.
Zakat fitrah adalah aktualisasi sikap ketaatan kepada Allah SWT, sekaligus kepedulian sosial dalam upaya memenuhi kebutuhan sesama yang berhak mendapatkan. Kewajiban menunaikan zakat fitrah dan amal-amal sosial lainnya adalah bentuk kepedulian yang diajarkan Islam untuk membangun kepekaan sosial diantara sesama manusia bisa saling berbagi, saling mengasihi, dan saling peduli untuk meningkatkan kualitas hidup terutama bagi mereka yang membutuhkan atau menerimanya.

Ibadah puasa dan zakat adalah bentuk edukasi, melatih diri kita  menjadi lebih peuli, peka dan sensitif terhadap realitas sosial masyarakat di sekitar kita. Ibadah zakat merupakan refleksi kemanusiaan  menghidupkan semangat fitrah dalam kesadaran kolektif kehidupan umat manusia. Ibadah zakat mampu menemukan maknanya sebagai wujud pembebasan dan pengentasan bagi mereka yang kurang beruntung, ibadah zakat fitra adalah ibadah sosial yang berhubungan dengan dan kemanusian, namun ikut menentukan kesempurnaan ibadah puasa yang secara berhubungan dengan Sang Pencipta Allah SWT.  

Kaum Muslimin dan Muslimat yang Berbahagia,
Ibadah puasa menitipkan pesan yang luas, edukasi yang menyentuh seluruh elemen dan dimensi kehidupan manusia. Puasa memberi edukasi bagi umat Islam sebagai hamba Allah SWT menajamkan nilai-nilai keseimbangan antara kesenangan dan kepedulian, antara kerja dan ibadah, antara kesenangan lahir dan kesenangan batin, serta antara kepentingan individual dan kepentingan sosial. Puasa juga mendorong umat Islam untuk melakukan keseimbangan antara ilmu dan amal, antara rasa takut dan harapan, serta keseimbangan dalam menjalankan ajaran agama. Ini sejalan dengan tujuan akhir dari ibadah puasa, yakni membentuk manusia yang bertaqwa. Ketaqwaan merupakan wujud dari nilai-nilai keseimbangan antara kualitas hubungan vertikal kepada Allah SWT dan hubungan horizontal kepada manusia dan alam semesta. Ibadah puasa telah membentuk karekter moderat, penghayatan dan pengalan ajaran yang berimbang antara nilai Ketuhanan dan Kemanusian, ibadah puasa disempurnakan dengan ibadah zakat fitrah.

Nilai spiritualitas Ramadlan 1442 H/2021 M, mari kita jadikan hari raya Idul Fitri ini untuk menguatkan tekad saling melebur dosa di antara kita dengan saling memaafkan, saling memuliakan, saling mendo’akan satu sama lain. Meskipun kita harus menjaga jarak satu sama lain, membatasi   saling mengunjungi dan saling bersilaturrahim secara fisik, bahkan harus urung niat untuk mudik karena pandemi covid 19 atau virus corona, namun tidak mengurangi hakekat dan martabt beridul fitri melalui wa, vido cool, dan media sosial lain, sebagai wujud mempereratkan relasi kemanusiaan. 
Selaku Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku Utara mengajak kepada seluruh umat Islam khususnya, yang telah lulus mengendalikan hawa nafsu melalui ibadah puasa, agar merayakan hari lebaran idul fitri 1442 H/2021 M, cukup dirumah dan dengan tetangga yang terdekat, disekita RW/RT, selalu mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjahui kerumunan dan membatasi mobiltas, sebagai upaya memutus penularan covid 19 atau virus corona, yang saat saat ini belum berakhir. Malam takbiran cukuplah dirumah, jika di masjid/mushalla, agar jumlah dibatasi maksimal 10 %, begitu pula dengan shalat id agar memperhatikan protokol kesehatan covid 19 dengan baik dan benar. Sebagai wujud rasa tanggung jawab dalam memutus penularan virus corona atau covid 19.

Ibadah puasa diakhiri dengan idul fitri menjadi sempurnalah kesucian diri kita, bersih dari dosa kepada Allah dan bersih pula dari dosa kepada sesama kita. Untuk itu hasil spiritual Ramadhan ini teruslah kita lestarikan dalam kehidupan sehari-hari, untuk terus berbuat baik, beramal shaleh, bersikap moderat, rasa kebersamaan persatuan dan kesatuan., tolong menolong sebagai buah dari menang dalam mengendalikan hawa nafsu melalui ibadah puasa. Semoga Allah SWT menerima seluruh amal ibadah kita dan memberkati kehidupan kita dengan kebaikan dan kebahagiaan.

Akhirnya selaku Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku Utara mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri 1442 H/2021 M. Semoga Allah SWT menerima seluruh amal ibadah kita dan memberkahi kehidupan kita dengan kebaikan dan kebahagiaan. Idul Fitri adalah waktu di mana kita harus mengubah kesalahan dan memaafkan kesalahan orang lain.
 
Saya H.  Sarbin Sehe, pribadi, keluarga dan selaku Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku Utara mengucapkan selamat hari lebaran Idul Fitri 1 Syawal 1442 H/13 Mei 2021.

Bila Idul Fitri adalah lentera, izinkan membuka tabirnya dengan maaf, agar cahayanya menembus jiwa fitrah dari tiap khilaf. 

Idul Fitri adalah Sebening embun di pagi hari, seputih kapas tanpa biji, membentuk  hati, pribadi positif sepanjang hari. Selamat Hari Raya Idul Fitri. Mohon maaf lahir bathin Taqaballahu Minna Waminkum

Baca Juga