Pembinaan ASN di Gane Barat, Kakanwil Sampaikan Urgensi Manajemen Madrasah

Memasuki hari kedua, Kunjungan Safari Ramadhan Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Maluku Utara beserta Rombongan di Kecamatan Gane Barat Kabupaten Halmahera Selatan, hari Jum'at (30/04/2021), melaksanakan kegiatan Pembinaan Aparatur Sipil Negara (ASN) Kementerian Agama dan Guru Madrasah di Aula Pertemuan Madrasah Aliyah Nur Safaat, Desa Koititi.

Pada kegiatan yang diikuti oleh puluhan peserta yang bertempat tugas di sekitar lokasi kegiatan tersebut, mendampingi Kakanwil, H. Dahlan Saidi, Kasi Penerangan Agama Islam dan Kasubag Kepegawaian dan Hukum, Samsuddin Fatahuddin serta Kasubag Umum dan Humas, Burhanuddin Onde.

Sementara itu, Kakanwil H. Sarbin Sehe dalam pembinaan tersebut menyampaikan materi diantaranya tentang Urgensi Manajemen Madrasah Bagi Insan Penyelenggaran Madrasah. 

Dimana manajemen madrasah adalah suatu proses usaha kerjasama sekelompok orang dengan pemanfaatan sumber daya manusia dan fasilitas untuk mencapai tujuan madrasah agar efektif dan efisien. 

Kakanwil menjelaskan bahwa Madrasah adalah wujud dari dunia pendidikan Islam, dan masalah manajemen adalah tema yang sering di perbincangan, seiring dengan perkembangan madrasah itu sendiri.  

Manajemen Madrasah merupakan kunci sebuah madrasah sebagai wujud dunia pendidikan Islam, yang mempunyai peran penting  dalam menentukan arah maju dan mundurnya kualitas pendidikan nasional.

Untuk lebih jelasnya tentang materi yang disampaikan Kakanwil terkait Manajemen Keuangan Madrasah, anda dapat membacanya disini.

Selain arahan Kakanwil soal manajemen keuangan madrasah, Kakanwil juga menjelaskan Program Induksi Guru Pemula (PIGP), dimana PIGP adalah kegiatan orientasi, pelatihan di tempat kerja, pengembangan, dan praktik pemecahan berbagai permasalahan dalam proses pembelajaran bagi guru pemula pada satuan pendidikan di tempat tugasnya.

"PIGP bertujuan membimbing guru pemula agar dapat beradaptasi dengan iklim kerja dan budaya madrasah", jelas H. Sarbin. 

Dimana proses kerja, pengembangan, dan praktik pemecahan berbagai permasalahan dalam proses pembelajaran bagi guru pemula pada madrasah tersebut dilaksanakan di tempat tugas masing-masing, lanjut Kakanwil.

PIGPM merupakan tahap penting dalam Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) bagi seorang guru madrasah. Para guru madrasah diharapkan memahami dan ikut dalam kegiatan dan program (PIGP). 

Terakhir Kakanwil sekali lagi menjelaskan bahwa tujuan PIGPM adalah sebagai upaya membimbing guru pemula, agar dapat beradaptasi dengan iklim kerja dan budaya madrasah, dalam melaksanakan pekerjaannya sebagai guru profesional di madrasah, sekaligus sebagai upaya memelihara dan meningkatkan profesi guru. 

"Mari kita ikuti program tersebut, demi peningkatan kompetensi diri sebagai pendidik", pungkasnya.

Baca Juga