Penutupan STQ Provinsi, Kakanwil "Terima Kasih Telah Membumikan Alqur'an di Maluku Utara"

Penyelenggaraan Seleksi Tilawatil Qur'an (STQ) tingkat Provinsi Maluku Utara tahun 2021 resmi ditutup, acara yang di selenggarakan di Asrama Haji Transit Ternate mulai tanggal (03/06/2021) hingga (07/06/2021) ini menampilkan Kota Ternate sebagai juara umum dengan raihan delapan terbaik pertama, empat terbaik kedua, dan satu kafila terbaik ke tiga.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Maluku Utara (Kakanwil Kemenag Malut), H. Sarbin Sehe dalam sambutanya menyampaikan selamat kepada peserta yang berhasil meraih juara dalam lomba tahunan tersebut.

Kankanwil menambahkan, pengembangan pendidikan Alqur,an mulai merata di provinsi Maluku Utara meskipun masih terdapat kab/kota tertentu yang mendominasi dalam setiap momentum STQ dan MTQ namun dibeberapa tahun terakhir raihan terbaik sudah mulai merata di setiap kab/kota.

Meskipun demikian, kata Kakanwil kita tidak berhenti sampai disitu, gairah pengembangan Tilawatil Qur'an harus kita kembangkan bersama-sama, oleh karena itu Kakanwil menyampaikan rasa sukur dan terima kasih kepada bupati dan walikota yang telah ikut mengembangkan skema program bacaan Alqur'an di daerah masing-masing.

"Di Kota Ternate ada  perda tentang baca tulis Alqur,an, Tidore ada Kota Santri, Halmahera Tengah ada perda yang mengatur soal mengaji, dan kabupaten kota yang lain, ini merupakan bagian dari upaya kita bersama-sama dalam memasyarakatkan Alqur'an dan membumikan Alqur'an di Maluku Utara," ujar Kakanwil dalam sambutanya.

Menurutnya, melalui program-program berupa magrib mengaji, TPQ, Madrasah-madrasah Alqur'an merupakan embrio yang saatnya nanti mampu tampil didepan kita semua dan memberikan prestasi terbaik dalan bidang bacaan Alqur'an.

Selanjutnya Kakanwil juga berharap momen STQ tingkat provinsi Maluku Utara menjadi momen perekat persaudaraan dalam rangka memajukan, membangun Maluku Utara dalam bidang kehidupan beragama, selain itu ini juga menjadi momen Maluku Utara untuk menyambut STQ ke-26 sebagai tuan rumah dalam waktu dekat di Sofifi nanti.

"Momen ini juga sebagai ajang silaturrahmi dalam memperkuat nilai-nilai agama dengan moderasi agar pikiran-pikiran ekstrim dapat kita hindari bersama-sama," tutup Kakanwil.

Baca Juga