Pesan Gus Menteri – Utamakan Prokes Pada STQ Malut

Protokol kesehatan (Prokes) di tengah pandemi menjadi wajib hukumnya dilaksanakan dalam upaya pencegahan dan melindungi masyarakat dari paparan virus Covid-19. 

Terkait pelaksanaan STQ Tingkat Nasional Ke XXVI di Provinsi Maluku Utara, Menteri Agama RI H. Yaqut Cholil Qoumas memberikan pesan langsung kepada Gubernur Maluku Utara KH. Abdul Ghani Kasuba agar pelaksanaan protokol kesehatan menjadi perhatian utama dalam penyelenggaraan even nasional tersebut.

Seperti telah diwartakan sebelumnya, Gubernur Maluku Utara didampingi Kepala Kantor Wiayah Kementerian Agama Provinsi Maluku Utara, H. Sarbin Sehe, Ketua LPTQ sekaligus Sekda Maluku Utara, H. Syamsuddin Abdul Kadir, serta Ketua Panitia Daerah STQ Nasional Maluku Utara, H. Salmin Djanidi bertemu Menag RI pada hari Selasa (14/09/2021) pada Rapat Evaluasi Persiapan STQ Nasional Ke XXVI di Kantor Kemenag RI Jakarta.

Informasi tersebut datang dari Kakanwil H. Sarbin Sehe yang menyampaikan kepada awak humas melalui sambungan seluler, bahwa Gus Menteri sapaan akrab Menag RI H. Yaqut Cholil Qoumas sangat serius terkait pelaksanaan protokol kesehatan pada perhelatan STQ. 

Hal itu dikarenakan even tingkat nasional STQ tentunya melibatkan banyak orang, dimana jika lalai dalam pelaksanaan prokes, kemungkinan besar dapat menyebabkan cluster baru penyebaran virus.

“Oleh sebab itu, dalam rapat dijelaskan serta diserahkan petunjuk teknis (Juknis) pelaksanaan protokol kesehatan pada penyelenggaraan STQ Nasional Ke XXVI Provinsi Maluku Utara sebagai acuan pelaksanaannya nanti di lapangan”, sambung Kakanwil. 

Selain itu Menag RI melalui Direktorat Jenderal Bimas Islam akan bekerja sama dengan Pemda Malut membangun sebuah aplikasi berbasis pemanfaatan teknologi informasi dalam upaya melindungi seluruh peserta, panitia maupun komponen yang terlibat dalam STQ 2021. 

Sebagai gambaran, dengan aplikasi ini selain dapat dijadikan sebagi acuan prokes, juga dapat memonitor dengan cepat jika ada yang terdeteksi mempunyai gejala covid, sehingga dapat ditangani dan ditanggulangi dengan cepat pula dari sisi medis.

Atas arahan yang diberikan, Gubernur KH. Abd Ghani Kasuba bersama Sekda dan Ketua Panitia STQ Daerah menyanggupi dan akan berupaya dengan maksimal terkait penerapan protokol kesehatan pada penyelenggaraan STQ, yang mana dalam penyelenggaraannya masih dalam masa pandemi covid-19.

Baca Juga