Rapat Koordinasi Bersama Gubernur, Kakanwil Sampaikan SE Menag RI No 15,16,17 Tahun 2021

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku Utara, H. Sarbin Sehe menghadiri Rapat Koordinasi Gugus Penanganan Covid Maluku Utara pada hari Kamis (15/07/2021) di Kantor Gubernur, Gosale Puncak Kota Sofifi Maluku Utara.

Dalam rakor tersebut hadir Gubernur KH. Abd. Ghani Kasuba, Sekretaris Daerah Samsuddin A. Kadir, Bupati/Walikota dan Tim Gugus Penanganan Covid-19 Kabupaten/Kota se Maluku Utara. Hadir pula pihak Kepolisian, BIN, Tokoh Agama dan Organisasi Keagamaan.

Salah satu pembahasan dalam rapat tersebut adalah  Surat Edaran Menteri Agama RI No 15, 16 dan 17 Tahun 2021 tentang penerapan protokol kesehatan penyelenggaraan Sholat Idul Adha dan Ibadah Qurban 1442 H/2021M, serta peniadaan sementara peribadatan di tempat ibadah, malam takbiran, Shalat Idul Adha dan petunjuk teknis pelaksanaan qurban di wilayah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

Pada kesempatan tersebut Kakanwil H. Sarbin dalam laporannya menyampaikan terkait SE Menag 15,16,17 serta perkembangan sosialisasi dan pelaksanaan di masyarakat sampai hari ini.

Usai mengikuti rapat kepada awak humas Kakanwil menjelaskan kesimpulan tentang rapat koordinasi tersebut, diantaranya bahwa di masa pandemi Covid-19 gelombang kedua saat ini di daerah Provinsi Maluku Utara mengatur pelaksanaan sholat Idhul Adha 1442 H/2021 M tidak dibenarkan untuk dilaksanakan di lapangan, namun dapat dilakukan di masjid-masjid dengan penerapan beberapa aspek yang terkait protokol kesehatan.

H. Sarbin melanjutkan beberapa aspek tersebut adalah jumlah kapasitas jamaah dibatasi dengan maksimal 50 % atau setengah dari total kapasitas masjid, adapun jamaah yang melaksanakan sholat hendaknya sholat di masjid terdekat atau masjid yang berada di desa atau kelurahan masing-masing.

Adapun untuk pelaksanaan ibadah kurban, tidak diperkenankan adanya kerumunan terutama saat antrian penerimaan daging kurban, sehingga tata laksana distribusi daging kurban hendaknya diantar oleh panitia langsung ke rumah penerima.

Terakhir Kakanwil mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tinggi kepada Gubernur Maluku Utara yang telah menginisiasi rakor, begitu pula Pemda Maluku Utara serta seluruh instansi dan pihak-pihak terkait yang ikut mendukung dan membantu pelaksanaan SE Menag RI No 15,16 dan 17 Tahun 2021. 

Baca Juga