Rencana Menghadirkan Embarkasi Haji Di Morotai Resmi Dimulai

Sebagai salah satu kawasan strategis nasional, Kabupaten Pulau Morotai dinilai layak memiliki Embarkasi/Debarkasi Haji, perencanaan Pulau Morotai sebagai Embarkasi/Debarkasi Haji Wilayah Timur II yang digodok pemerintah Pulau Morotai kini telah dibentuk tim perumus. 

Melalui Surat Keputusan (SK) Bupati Pulau Morotai dengan nomor 456/56/KPTS/PM/2022, bupati Pulau Morotai, Beni Laos membentuk tim perumus perencanaan percepatan Embarkasi/Debarkasi Haji Pulau Morotai. 

Dalam SK tersebut, Beni Laos menetapkan M. Ridha Ajam sebagai Ketua Tim dan H. Sarbin Sehe sebagai Wakil I, sementara wakil ketua II dan III ditetapkan H. Ridwan Ishak Ilyas dan H. Salman Ishak. 

Di posisi Skeretaris Tim, dipilih Saiful Deni, Hasbi Yusuf, dan Muchsin Saleh Abubakar sebagai Sekretaris, Sekretaris I dan II. 

Tim yang dibentuk diharpkan memberikan kelancaran perencanaan dan percepatan Kabupaten Pualu Morotai sebagai Embarkasi/Debarkasi Haji Wilayah Timur II yang telah direspon Menteria Agama saat berkunjung ke Ternate beberapa waktu lalu. 

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Maluku Utara (Kakanwil Kemenag Malut), H. Sarbin Sehe usai mengikuti rapat dan penyerahan SK mengatakan menyambut baik rencana dan ide cemerlang yang dikemukakan oleh bupati Pulau Morotai dan jajaranya. 

Menurut Kakanwil, menghadirkan Embarkasi/Debarkasi disuatu daerah tidaklah mudah, meski demikian Kakanwil meyakini dengan upaya dan kerja keras semua pasti akan dapat dicapai. 

"Rencana pembangunan Embarkasi Haji Pulau Morotai merupakan niat baik yang perlu diapresiasi, keberadaan Embarkasi Pulau Morotai akan memberikan pelayanan haji yang lebih maksimal sekaligus menekan anggaran perjalan haji," ucap Kakanwil Selasa (25/01/21). 

H. Sarbin melanjutkan, tim perumus yang telah dibentuk akan melakukan kajian akademik serta memberikan gagasan-gagasan atas rencana pembangunan Embarkasi/Debarkasi Haji Pualua Morotai. 

Ia juga berharap dukungan semua pihak terutama masyarakat Maluku Utara atas gagasan luar biasa pemerintah Pulau Morotai tersebut, "Dukungan masyarakat menjadi penting dalam rencana pembangunan Embarkasi ini, untuk itu doa masyarakat atas kelancaran proses sangat diharapkan," tutup mantan Kakan Kemenag Tidore Kepulauan.

Baca Juga