Safari Ramadhan di Desa Dolik, Kakanwil Terus Ingatkan Jaga dan Tegakkan Tiang Agama

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Maluku Utara, H. Sarbin Sehe beserta rombongan melanjutkan agenda Safari Ramadhan 1442 H, kali ini safari dilakukan di desa Dolik, Kecamatan Gane Barat, Kabupaten Halmahera Selatan, Jum'at (30/04/21).

Di Desa Dolik Kakanwil berkesempatan melaksanakan shalat Jum'at di Masjid Al-Amin bersama masyarakat desa, dan setelahnya Kakanwil memberikan tausiyah kepada jamaah shalat Jum'at.

Dalam tausiyah Kakanwil mengajak kepada seluruh umat Islam terutama di Desa Dolik dan sekitarnya agar pada momentum bulan Ramadhan ini dalam menjalankan ibadah puasa diikuti dengan semangat shalat lima waktu, "jagalah dan peliharalah shalat lima waktu dengan baik, karena amal yang pertama dihisab adalah shalat lima waktu," ujar Kakanwil.

Selain itu Kakanwil menjelaskan shalat juga merupakan tiang dari agama. Jika tiang adalah penyangga sebuah bangunan maka bisa dianalogikan jika seseorang tidak bisa menjaga shalatnya maka agamanya akan runtuh sebagaimana bangunan tanpa tiang. 

"Dalam kondisi apapun, jaga dan tegakkan tiang agama", pesan H. Sarbin

Kakanwil menambahkan bangunan masjid Masjid Al-Amin Desa Dolik memiliki keindahan yang baik secara fisik, keindahan bangunan ini harus dikuti dengan semangat beribadah terutama ibadah shalat lima waktu.

"Meski kita tau, semua disibukkan dengan aktifitas dan tugas masing-masing tetapi diwaktu-waktu shalat kita hadir memenuhi panggilan Allah SWT", pinta Kakanwil. 

Kakanwil menambahkan shalat lima waktu dilakukan sebagai upaya mencari jati diri kepada Allah SWT sebagaimana tujuan penciptaanya, "Tidaklah Aku (Allah) menciptakan jin dan manusia hanya untuk menyembah (bersujud) kepada Ku," kata Kakanwil.

Oleh karena itu, kepada seluruh jamaah Kakanwil menghimbau agar terus memelihara, menjaga, dan merawat shalat lima waktu sebagai bagian dari perisai diri dalam beribadah kepada Allah SWT terutama ibadah puasa yang sedang dijalani.

Selain melaksanakan Safari Ramadhan, Kakanwil beserta rombongan juga berkesempatan berbagi bersama masyarakat kurang mampu dalam agenda Kanwil Kemenag Malut Berbagi, agenda ini sudah dilaksanakan diawal ramadhan dan akan terus dilaksanakan selama ramadhan tahun ini.

Ikut serta dalam safari ramadhan kali ini, Kasubag Umum dan Humas Burhanuddin Onde,  Sub Koordinator Kepegawaian Samsuddin Fatahudin, Kasi Bina KUA H. M. Zaber Wahid, Kasi Pemberdayaan Zakat dan Wakaf H. Jailani Umar, Sub Koordinator Penais H. Dahlan Saidi, dan Kasi KSKK H. Abdurahman Ali.

Baca Juga