Safari Ramadhan Halsel, Kakanwil Bagikan Mushaf Al Qur'an

Kunjungan Safari Ramadhan Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Maluku Utara, H. Sarbin Sehe bersama rombongan di Kecamatan Gane Timur dan Gane Barat Kabupaten Halmahera Selatan selama dua hari, 29 sd 30 April 2021 telah berakhir.

Meskipun hanya dua hari, namun Safari Ramadhan di desain padat kegiatan, agar output dari safari dapat tercapai dengan maksimal. 

Dari menyapa masyarakat melalui silaturahim bersama jamaah masjid, usai Shalat Tarawih dan Shalat Jum'at, hingga Pembinaan ASN serta Menyapa Madrasah telah selesai dilaksanakan.

Dan dalam setiap kesempatan bersilaturahim bersama masyarakat di Masjid, Kakanwil dan rombongan selalu membagikan mushaf Al-Qur'an kepada takmir masjid untuk dipergunakan sebagaimana mestinya di masjid tersebut.

Saat dikonfirmasi tentang hal tersebut, Kakanwil H. Sarbin Sehe menjelaskan bahwa pembagian mushaf memang sengaja dilaksanakan sebagai usaha dan upaya memberikan motivasi kepada masyarakat dalam meningkatkan kualitas keshalihan, yakni dengan peningkatan ibadah terutama di bulan suci Ramadhan tahun ini, dan salah satu bentuk ibadah tersebut adalah membaca Al Qur'an.

Selain itu, menurut Kakanwil penyerahan Mushaf juga dimaksudkan agar masyarakat khususnya Umat Muslim terus gemar membaca serta mempelajari Al Qur'an sehingga mampu menjadikannya inspirasi dalam hidup dan kehidupan.

Untuk itu kepada Takmir atau Pengurus Masjid, di setiap kesempatan H. Sarbin Sehe menghimbau, untuk membuka ruang seluas-luasnya kepada jamaah yang akan membaca maupun mempelajari Al Qur'an di Masjid. Sehingga masjid bukan saja sebagai sarana tempat ibadah, melainkan juga sarana madrasah keilmuan dan musyawarah warga.

Selain itu Kakanwil juga mengharapkan para pengurus masjid untuk meringankan waktu mengajak jamaah untuk membaca Al Qur'an, khususnya di bulan Ramadhan Tahun 1442 H ini, karena salah satu ibadah mulia di bulan suci adalah membaca Al Qur'an.

Terakhir Kakanwil mengharapkan kepada seluruh umat Islam di Maluku Utara untuk kembali memakmurkan masjid, dengan melaksanakan shalat berjamaah, membaca Al Qur'an dan sekaligus mempelajarinya, serta majelis keilmuan dan yang lain. 

"Dengan begitu semoga cahaya dan keberkahan Allah SWT melalui Masjid akan sampai kepada rumah-rumah penduduk, sehingga kedamaian, keamanan dan kemakmuran dapat tercapai", tutupnya

Baca Juga