Songsong Era Metaverse, MAN 2 Halut Kirim Siswa Ke Kampung Inggris

Era metaverse merupakan era baru masa depan di mana memungkinkan  manusia memanfaatkan dunia virtual untuk aktivitas hidup sehari-hari.

Metaverse disebut mampu menghubungkan berbagai belahan dunia hanya dalam waktu singkat. Tempat yang sulit terjangkau di dunia nyata juga akan sangat mudah didatangi melalui virtualisasi digital.

Tentunya komunikasi antar budaya tidak terelakkan, gegar budaya atau "culture shock" akan menjadi momok bagi seseorang yang tidak mempersiapkan diri terlebih dahulu memasuki era metaverse.

Menjawab tantangan di atas, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Halmahera Utara mengirimkan 13 Siswa dan 1 Guru Pendamping ke Kampung Inggris Pare, Malang Provinsi Jawa Timur, untuk penguatan kompetensi Bahasa Inggris, selama satu bulan yakni tanggal 17 Mei hingga 17 Juni 2022.

Hal itu ditandai dengan kegiatan Pelepasan Peserta Arabic and English Club Man 2 Halut oleh Kepala Kantor Kemenag Kab. Halut pada Hari Jumat (13/05/2022) di Aula MAN 2 Halut Desa Samsuma Kec. Malifut, Kab. Halmahera Utara.

Mendampingi Kakankemenag Halut saat itu, Kepala MAN 2 Halut Harianto H. Usman beserta Dewan Guru dan ASN. Pelepasan dihadiri oleh Orang Tua/Wali murid yang terpilih untuk dikirim ke Kampung Inggris.

Dalam Sambutannya Kakankemenag Halut yang diwakili oleh Kasubag TU H. Jindar Wisnu mengatakan bahwa saat ini Bahasa Inggris telah menjadi bahasa internasional, yakni bahasa yang menjembatani komunikasi dunia secara global.

Jindar mengatakan pihaknya sangat mendukung sekaligus mengapresiasi apa yang telah diupayakan MAN 2 Halut sebagai langkah nyata menjawab tantangan masa depan khususnya bagi generasi muda yang menimba ilmu di madrasah.

Selain itu, ia mengharapkan kepada para peserta, sepulangnya dari Kampung Inggris dapat menularkan ilmu yang didapat kepada teman-teman di Madrasah maupun masyarakat khususnya generasi muda di lingkungan sekitar masing-masing.

Sementara itu Kepmad MAN 2 Halut dalam sambutannya menjelaskan bahwa pembekalan peserta didik menyongsong Era Multiverse adalah wajib hukumnya. Pembekalan siswa madrasah dalam mempersiapkan kompetensi diri di masa depan juga sejalan dengan program yang telah dicanangkan Direktorat GTK Pusat.

Terakhir Harianto mengatakan harapannya kepada orang tua siswa yang akan dikirim, untuk mengikhlaskan kepergian anaknya selama sebulan dan selalu mendoakan yang terbaik bagi putra-putrinya.(Tam)

 

Editor : Bur

Baca Juga