Profil PPID

Gambaran Umum

Dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku Utara  (Kanwil Kemenag Malut) melalui transparansi informasi publik dan akuntabel untuk memenuhi hak pemohon informasi sesuai dengan ketentuan peraturan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Lebih spesifik, UU tersebut bertujuan untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bertanggung jawab, melalui penerapan prinsip-prinsip akuntabilitas, transparansi, dan supremasi hukum serta melibatkan partisipasi masyarakat dalam setiap proses kebijakan publik. Proses keterlibatan masyarakat perlu diakomodasikan dengan cara menjamin mudahnya akses informasi publik berdasarkan pedoman pengelolaan informasi publik dan dokumentasi.

Oleh sebab itu Kantor Wilayah Kementerian Agma Provinsi Maluku Utara membentuk Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) sebagai Tim yang bertanggung jawab dan berwenang mengelola tugas dan fungsi Keterbukaan Informasi Publik (KIP) pertama kalinya pada Tahun 2014 yang mempunyai visi dan misi sebagai berikut :

Visi

Terwujudnya Pelayanan Informasi yang Akuntabel

Misi

1. Meningkatkan pelayanan informasi yang cepat, tepat, dan transparan

2. Meningkatkan kompetensi SDM pelayan informasi

3. Penguatan koordinasi antar PPID lintas sektoral

Tugas

PPID mempunyai tugas merencanakan dan mengorganisasikan, melaksanakan, mengawasi, dan mengevaluasi pelaksanaan kegiatan pengelolaan dan pelayanan informasi publik di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku Utara.

Fungsi

1. Menghimpun informasi publik dari seluruh unit kerja;

2. Penataan dan penyimpanan (tata kelola) informasi publik yang diperoleh;

3. Penyeleksian dan pengujian informasi publik yang termasuk dalam kategori dikecualikan dari informasi yang terbuka untuk publik;

4. Penyelesaian sengketa pelayanan informasi.


PPID Unit Kanwil Kemenag Prov. Maluku Utara Saat ini

Sesuai perkembangan regulasi, untuk saat ini PPID Kanwil Kemenag Malut diatur berdasarkan KMA Nomor 657 Tahun 2021 tentang PPID Kementerian Agama dan Atasan PPID Kementerian Agama, sehingga formasi PPID telah berubah sesuai dengan SK Kakanwil Kemenag Malut No 21 Tahun 2021 sebagai berikut :

Atasan PPID Unit / Penanggungjawab

: H. Sarbin Sehe, S.Ag, M.PdI

Ketua 

: Drs. H. Amar Manaf, M.SI

Bidang Pelayanan Informasi, Dokumentasi dan Arsip

: Burhanuddin Onde, S.E, M.H

Bidang Pengelolaan Informasi

: Ibrahim Abbubakar, S. Ag, M.H

Bidang Pengaduan dan Penyelesaian Sengketa

: Samsuddin Fatahuddin, S.Ag

Anggota                        :

1.

DR. Muchlis Ari Handy M.Hum.

Koordinator Subbag Keuangan dan Barang Milik Negara

2.

Safri Kamaria S.Pd, M.Pd

Kasubbag Organisasi, Tata Laksana, dan Kerukunan Umat Beragama

3.

Irwanto HarunS.Ag

Koordinator Seksi Sistem Informasi Pendidikan Islam

4.

Irma S. Saban, S.Ag.

Koordinator Seksi Pendaftaran, Dokumen Haji Reguler, dan Sistem Informasi Haji dan Umrah

5.

DahlanSaidi, S.H.

Koordinator Seksi Penerangan Agama Islam dan Sistem Informasi

6.

Susan Charolin Bella, S.Si-Theol

Koordinator Seksi Kelembagaan dan Sistem Informasi Bimas Kristen

7.

Sardimen K. Syamsi, S. Kom

Staf Subbag Umum dan Humas

8.

Tamam Maliya, A.Md

Staf Subbag Umum dan Humas

9.

Maskur M. Laher, S. Kom

Staf Subbag Umum dan Humas

10.

Rian Darmawan, S. Kom

Staf Subbag Umum dan Humas

11.

Reni

Staf Subbag Umum dan Humas

12.

Sofyan

Staf Subbag Umum dan Humas

13.

Haris Adam, S.Pd

Staf Perencanaan Data  dan Informasi

14.

Salim, SE

Staf Perencanaan Data  dan Informasi

15.

Nurida Sadik Abdulkadir

Staf Perencanaan Data  dan Informasi

 

Baca Juga

JDIH Kemenag RI
  • 19 Februari 2021